• Jumat , 19 Oktober 2018

YAMAHA TRBX605FM

Tergabung di TRBX series, Yamaha merilis 5-string Electric Bass tipe TRBX605FM. Dengan finishing Dark Red Burst, bass ini hadir dengan bobot  ringan, sound yang cenderung modern, dengan low yang bertenaga. Di dukung dengan Active 3-band EQ Yang mempermudah anda mengeksplorasi sound.

 

Yamaha di kenal dengan banyaknya variant produk. Tidak terkecuali produk instrument basss. Yamaha sukses meluncurkan produk bass yang tergabung di TRBX series. Produk bass yang banyak di pilih oleh pemain bass profesional. Karena menawarkan fitur yang inovatif dan sangat berpengaruh menghasilkan kualitas sound yang bisa di andalkan. Seri ini-pun terus mengalami pembenahan dan penyempurnaan, tanpa menghilangkan karakter utama bass ini yang sudah melegenda.

Beberapa tipe telah di luncurkan dengan sukses dari seri ini. Beberapa edisi lalu, Audiopro sempat menguji coba bass 4-string TRBX604FM, kali ini studio uji coba AudioPro mencoba bass yang 5-string tipe TRBX605FM. Dengan finish Dark Red Burst, pada Flamed Maple Top, membuat bass ini tampil luxs. Bobot yang tidak terlalu berat (walaupun menggunakan 5-string), membuat bass ini pas buat ukuran orang Asia. Di dukung dengan playabillity yang membuat pemain bass betah berlama-lama menggunakan produk ini.

FITUR-FITUR ANDALAN

Menggunakan solid body dari bahan kayu Alder, dengan disain hand rest pada body yang menunjang kenyamanan saat di dimainkan. Dengan kombinasi flamed Maple pada top, body ini mampu menghasilkan sound yang khas. Di dukung dengan penggunaan 5-piece Maple/Mahogany pada neck, dengan sistem joint neck yang kuat. Tampil kokoh, dan menghasilkan perfect balance, vibration transfer, dan upper-fret access, konsep yang menghasilkan playabillity yang dibutuhkan oleh pemain bass. Konsep ini akan sangat mendukung jika anda mengeksplorasi skill permainan anda.

Bukan hanya itu saja yang menjadi andalan bass ini, di dukung dengan 3-band EQ yang memudahkan anda mengulik sound yang di inginkan, yang terdapat pada konfigurasi knop di posisi bawah (Hi-Mid-Low), sedangkan 2 knop di atas, berfungsi masing-masing, 1 knop untuk master volume, dan 1 knop lagi sebagai balancer, yang berguna untuk mengontrol masing-masing pickup (Neck Pickup dan Bridge Pickup). Di tambah 2-way toggle passive/active switch. Untuk pickup, produk Yamaha TRBX605FM ini menggunakan 2 buah H5 Alnico V Humbucker. Dengan konfigurasi ini, anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi karakter sound yang lebar, tapi jauh dari terkesan rumit.  Artinya, anda bisa mendapatlkan sound yang anda inginkan dengan mudah dan efisien.

KARAKTER SOUND

Menggunakan produk ampli bass combo berkekuatan 150 Watt untuk menguji kemampuan produk Yamaha TRBX605FM ini. Seperti yang tersebut di atas, bass ini memiliki playabillity yang sangat menujang, maksudnya cukup nyaman. Hal lainya adalah aksebilitas yang baik. Serta pengulikan yang mudah dan efisien. Bahkan untuk kalangan pemula sekalipun. Tentu saja pada posisi combo amps, semua knop si putar pada posisi flat, dan untuk master volume di sesuaikan. Sedangkan pada bass, kami melakukan berbagai cara pengulikan, untuk mengukur kemampuan sound bass 5-string ini.

Secara general (pada posisi flat) bass ini menghasilkan sound yang cenderung bright, dan berkarakter modern. Sound yang memang menjadi ciri kuat bass Yamaha TRBX series. Ada beberapa hal yang menyumbangkan karakter sound secara keseluruhan dari bass ini. Kombinasi solid body dari kayu Alder, dengan Flamed Maple pada Top menghasilkan karakter sound yang punch, bright dan menghasilkan sustain yang menawan. Sedngakn 5-piece Maple/Mahogany pada neck menghasilkan tone yang cukup stabil. Dan penggunaan 2 buah H5 Alnico V Humbucker menghdirkan karakter sound yang modern, kuat dan tebal. Perpadun inilah yang menjadi karakter utama bass ini. Download Majalah Audiopro edisi 06 2018 di aplikasi Gramedia Digital (playstore/appstore) atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya. *Ressa Sm

Related Posts