• Jumat , 17 Agustus 2018

IBANEZ TALMAN TM303M-TFB

GITAR IBANEZ SANGATLAH ICONIC DENGAN GITAR BERGENRE METAL SHRED. TERLEBIH MEMANG VARIAN RG YANG BEGITU POPULAR. DI TAMBAH JEM SERIES YANG POPULAR DENGAN NAMA BESAR STEVE VAI ATAU IBANEZ SERI PGM PAUL GILBERT. TAPI TAHUKAH ANDA IBANEZ MEMILIKI SERI TALMAN ?

 

Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 90an dimana saat itu era musik alternatif mendominasi seluruh dunia. Banyak gitaris menginginkan suatu desain berbeda dari kebanyakan gitar yang ada. Di sinilah Ibanez Talman series hadir dan menjadi salah satu seri gitar yang merubah image Ibanez. Pasalnya model ini memiliki spirit baru yang merubah paradigma genre gitar Ibanez yang telah tertanam di kepala gitaris.

DESAIN DAN KONSTRUKSI

Gitar ini memiliki desain yang lebih curve dan smooth, lebih dominan lekukan daripada sharp edge. Itulah yang menjadi ciri khas dari Talman series. Gitar dengan finishing glossy berwarna tri fade burst ini memiliki flat top berbentuk offset. Perpaduan antara bentuk desain strat dan tele membuat nuansa classic vintage terasa di gitar ini. di mana Ibanez sangat sedikit sekali memproduksi massal gitar dengan konsep tersebut.

Body alder dipadukan dengan pickguard hitam membuat kombinasi kontras yang baik. Ciri khas lainnya gitar ini mempunyai desain pickguard dimana terdapat 2 buah pot volume serta 3way switch dengan tone berada di plate jack socket cup. Cukup unik memang desain out of the box pabrikan asal Jepang ini yang membuat top bodynya terlihat eyes-cathing dibandingkan gitar Ibanez seri lainnya. Pilihan hardware nickel, knob classic, serta tuning machine di padu konstruksi kokohnya neck joint menunjukan finishing serius gitar yang produksi China ini.

PLAYBILITY

Bagi gitaris yang suka atau terbiasa dengan model gitar superstrat, bobotnya yang tidak terlalu berat tentu tidak jadi masalah saat menaklukan ke 22 fret medium jumbo. Dengan basic neck profile modeled ‘50s dan ‘60s dimana ketebalan neck c-shape sebesar 21mm pada fret ke 1, dan 22mm pada fret ke 12 membuat feel dan kontrol ketika memainkan open chord sampai sebuah lick pattern terasa nyaman tanpa harus merubah setting action standard pabrik yang rendah. Kenyamanan playability gitar ini juga di dukung oleh neck maple berradius 305mm dengan nut width 41 mm berbahan bone.

Walaupun menurut Kami, finishing neck pada gitar ini bisa lebih baik lagi. Seperti di finish satin atau gloss, selain untuk kebutuhan fashion, hal tersebut juga sesuai dengan tema retro classic pada gitar ini. Penggunaan fretboard maple selain memberikan sentuhan akhir yang mewah dan modern, secara tone juga membawa karakter bright dan memudahkan jemari untuk bergerak ketika memainkan pentatonic di atas neck berskala 25.5″ ini. Penggunaan 6 saddle string through body bridge didukung locking machine head juga menjaga senar pada gitar ini tetap intune sekalipun melakukan doble string bending dengan cepat. Download Majalah Audiopro edisi 06 2018 di aplikasi Gramedia Digital (playstore/appstore) atau beli langsung aja di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya. *RESSA SM.

Related Posts