• Jumat , 17 Agustus 2018

Imix STUDIO FASILITAS LENGKAP PRODUKSI MUSIK

IMIX STUDIO SEBUAH STUDIO REKAMAN DENGAN FASILITAS RUANG STUDIO LUAS DAN PERLENGKAPAN REKAMAN STANDAR PROFESIONAL MENJADI FAVORIT MUSISIMUSISI BEKEN BERLOKASI DI WILAYAH CONDET RAYA, JAKARTA TIMUR.

Imix Studio yang dirintis oleh Bayu Randu merupakan sebuah studio rekaman yang baru didirikan sejak tahun 2016 lalu. Nama Imix Studio tergolong baru namun sang pemilik yang lebih akrab disapa Bayu bukan orang baru. Bayu merintis Imix sudah lebih dari 10 tahun, yang berawal ketika Bayu meneruskan bisnis rental studio rekaman Dolphin Studio yang dahulu milik Rudy Dolphin sejak tahun 2012. “Saya dahulu bekerja pada Dolphin Studio sebagai sound engineer. Namun, pak Rudy (pemilik lama) lebih fokus melanjutkan bisnis lain (distributor produk rekaman) akhirnya saya meneruskan Dolphin Studio hingga tahun 2015.

Pada saat itu, Dolphin Studio sudah memiliki banyak pelanggan musisi sayang kalau tidak diteruskan,” kenang Bayu pendiri Imusic.id. Bayu yang memiliki bekal luas dalam bidang studio rekaman akhirnya ia membuka sebuah studio rekaman baru di kawasan Bekasi yang dinamakan Green Land pada tahun 2015. Dari studio Green Land ini Bayu tetap berkarier dalam bidang usaha studio rekaman namun ia lebih memfokuskan dirinya sebagai aranjer dan produser musik. Sejumlah musisi banyak yang ia tangani sebagai produser dan aranjer dan kian matang sejak menjalankan studio Green Land.

Tak pelak, relasi para musisi kian bertambah hingga ia mencari sebuah tempat yang lebih mudah dijangkau dan tentu saja membutuhkan ruangan yang lebih luas. Bayu mengakui bahwa bisnis menyewakan studio rekaman tidak sehebat pada era tahun 2000 an awal. Karena saat ini musisi bisa membuat produksi rekaman di rumah, sedangkan kebutuhan sewa studio profesional hanya dimanfaatkan untuk merekam drum, vokal, hingga mixing dan mastering saja. Oleh karenanya, Bayu mengembangkan usahanya tidak saja pada hal rental studio rekaman tetapi membuat produksi musik yang kenyataannya peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai produser.

STUDIO

Fasilitas untuk membuat produksi musik sudah sangat memadai maka ia dapat manfaatkan untuk keperluan produksi. Sejak tahun 2016, Bayu mendirikan studio rekaman yang bernama iMix Studio dan meneruskan usahanya memproduksi musik dari sejumlah musisi di tanah air. Dari Imix kebutuhan pra produksi, tracking, mixing, dan mastering seluruhnya dikerjakan dari studio yang dirancang olehnya. Imix Studio terdiri dari satu ruang studio dan ruang kontrol. Pada bagian ruang kontrol berujuran luas, tampak sejumlah konverter AD/DA dari beberapa brand.

Bayu cukup kritis terhadap kualitas audio hasil rekaman seluruh produksinya. Oleh karenanya, ia  menyiapkan beberapa brand konverter AD/DA. Ia cukup memahami masing-masing konverter memliki karakter sound yang berbeda. Jika ia menangani  genre rock atau musik dinamis lainnya menggunakan salah satu koleksi konverter AD/DA tertentu. Berbeda lagi, saat Bayu menangani genre yang lebih soft (pop dan jazz), ia memanfaatkan koverter AD/DA dari brand lainnya. Sudah sejumlah band dan artis solo hasil produksi di bawah label Putra Mandala Productio dibawah pimpinan Bayudi kerjakan  di Imix Studio. Download Majalah Audiopro edisi 06 2018 di aplikasi Gramedia Digital (playstore/appstore) atau beli langsung aja di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya. *Fajar Arianto

Related Posts