• Jumat , 16 November 2018

HARTKE HD150

HD merupakan singkatan dari “HyDrive”, yaitu teknologi speaker HyDrive dari Hartke yang menyediakan hybrid dari cone speaker bass berbahan paper (kertas) dan aluminum.

Sebelumnya, amplifier Hartke sudah terkenal dengan 2 varian cone speakernya yaitu yang berbahan paper dan yang berbahan aluminum. Pada seri HD ini Hartke meramu kedua bahan cone speaker tersebut ke dalam sebuah amplifier combo kecil sampai medium yang sangat ideal untuk ruangan kecil, studio latihan, dan di kamar pribadi untuk berlatih.

PENAMPILAN

Hartke HD150 yang berukuran medium ini memiliki daya sebesar 150 Watt dengan sebuah speaker 15 inci serta dilengkapi sebuah tweeter 1 inci. Tampil sederhana namun apik dengan disain grill metal berlubang dan dominasi warna hitam untuk kotaknya ditambah empat buah roda untuk memudahkan pemindahan. Terdapat juga dua buah handle di bagian samping kiri dan kanan. Penempatan tombol dan knob untuk pengaturan terletak di atas belakang sehingga memudahkan untuk aksesnya. HD150 memiliki fitur standard yaitu volume dan 7-band equalizer, selain itu HD50 sudah dilengkapi dengan compressor built-in untuk menjaga kestabilan output dan sound bass. Terdapat juga input auxiliary untuk music player, berguna buat sarana berlatih. Pada tipe 150 ini Hartke melengkapi output dengan fitur XLR Balanced DI untuk menghantarkan sound direct dari amplifier HD150 ke mixer panggung atau rekaman.

TEST

Saya menggunakan sebuah bass Squier Jaguar Troy Sanders untuk menguji amplifier combo Hartke HD150 ini. Pada setting ekualisasi flat yaitu knob ekualiser pada posisi arah jam 12, karakter sound bass Troy Sanders yang lebar dan kasar tetap terjaga, tonalitas bagus, dengan dominasi kandungan frekuensi low mid dan treble. Natural, warmth serta punch. Volume output terasa maksimal dan powerful sesuai dengan tenaga 150 watt. Sound khas Hartke yang fokus dan tajam terwakili oleh HD150. Jika anda pecinta sound bass ala Jaco Pastorius, Billy Seehan dan Victor Wooten inilah amplifier combo kecil yang bisa mewakili, karena nama-nama yang saya sebutkan diatas mempercayakan sound mereka pada Hartke.

Tweaking dengan memaksimalkan volume frekuensi bass dan treble berhasil direspon dengan sempurna oleh speaker Hartke HD150, menghasilkan karakter sound yang kita inginkan karena disediakannya 7 buah frekuensi untuk kita sesuaikan. Respon terhadap beragam style permainan seperti fingering, slaping, taping, ghost notes, dan palm mute  diakomodasi dengan baik oleh HD150. Semua tergantung kombinasi pengaturan pada bass dan setting ekualisasi pada amplifier. Kelebihan dari disediakannya 7 buah grafik ekualisasi adalah saya mampu mengangkat frekuensi mid tertentu yang saya inginkan, sangat berguna ketika saya hendak memainkan solo bass ataupun walking bass mengiringi lagu.

Tone jadi terdengar lebih maksimal dan jelas serta tetap tebal tanpa kehilangan power. Ketika volume coba dimaksimalkan, fungsi limiter bawaan pada HD150 berjalan dengan baik menjaga kestabilan sinyal agar tidak terlalu keras, sehingga tone yang dihasilkan tetap terdengar balance. Fungsi limiter bertugas dengan baik saat kami memainkan teknik slaping dan fingering yang keras, menjaga limit volume sehingga tidak peak. Untuk berlatih, saya mencolokkan kabel jack stereo 1/8 inci dari smartphone memainkan beberapa lagu backing track bass. Balance antara sound dari smartphone dengan sound bass bisa diatur dengan knob level volume bass. Dengan mencolokkan headphones kita bisa berlatih secara silent, karena sound tidak dikeluarkan ke speaker namun hanya ke headphone kita.

KESIMPULAN

Hartke HD150 sangat ideal untuk sarana berlatih di kamar pribadi, ruangan live show yang kecil sampai menengah, juga studio latihan yang berukuran kecil/sedang. Menurut saya HD150 ini juga sangat layak untuk panggung outdoor sebagai monitor permainan kita di panggung, terutama karena sudah adanya fitur output XLR Balanced. Kombinasi dari cone speaker paper yang warmth dan soft serta aluminum yang punch dan attack akan menghasilkan sound bass yang sempurna. Tone low-end yang kaya dengan area frekuensi lebih luas dan detail, sangat khas sound Hartke. Ideal untuk beragam genre musik dan style permainan bass. *Alex Kuple.

Related Posts