• Jumat , 16 November 2018

ZOOM G3N

PRODUSEN ASAL JEPANG YANG SATU DI KENAL SEBAGAI PENGHASIL MUSIK EQUIPMENT MULTIEFEK DAN SOUND PROCESSOR. MEREKA MEMPERKENALKAN PERTAMA KALI PROSESOR GITAR DSP MULTI-EFEK YANG KOMPAK MELALUI ZOOM 9002. SAMPAI KINI, ZOOM MEMBANGUN REPUTASI SEBAGAI PRODUSEN PRODUK INOVATIF DENGAN HARGA YANG TERJANGKAU.

Melihat ke belakang, zoom pertama kali memperkenalkan gitar efek pedal seri G melalui G2 pada 2005 lalu. Di Winter NAMM 2017 kemarin, membawa mayor update dari seri G3 kini zoom memperkenalkan G3n yang masuk review Audiopro kali ini.

DESAIN DAN FITUR

Portabilitas menjadi nilai lebih untuk efek ini, bentuk casenya yang compact dengan material utama metal berwarna hitam yang solid membuat efek ini menjadi lebih mudah untuk di gunakan latihan, bermain di atas panggung ataupun rekaman portable. Pada panel utamanya terdapat 3 buah LCD untuk independent editing display dengan 4 parameter knob serta type keys. 3 buah footswitch serta 3 buah bank switch. Adanya control knob untuk edit efek dan switch menu memudahkan user untuk mengcustom patch di efek ini. Beralih ke belakang, ada sebuah input serta 2 buah output standard monaural jack, 3.5 mm mini jack stereo AUX in, control in untuk zoom FP02M, USB port power switch serta power in.

Zoom G3n dibekali fitur 68 efek , seperti distortion, overdrive, eq, compression, delay, reverb, flanging, phasing, chorus, 1 looper pedal dan 1 rhythm pedal onboard serta tuner. Di signal chain pada setiap bank, efek ini dapat menggunakan 7 buah efek secara simultan dimana setiap pada manual mode, 3 buah switch dapat di gunakan untuk mengedit atau on-off efek secara individual. Untuk sekedar latihan, Zoom menyediakan fitur stereo/mono looper yang dapat merekam sampai 80 detik dengan phrase recording, 68 rhythm pattern.

Terdapat 150 patch dimana 75 patch dapat di edit dan 75 lainnya merupakan patch beberapa iconic gitar sound seperti Eddie Van Halen, Jimi Hendrix, Jimmy Page, Carlos Santana, Michael Schenker, dan Brian May. Adanya 5 amp emulators serta 5 cabinet emulator baru yang merupakan update dari seri terdahulunya melengkapi fitur efek ini. Zoom juga menyediakan Guitar lab, sebuah software untuk mendownload tambahan efek dan patch yang bisa di gunakan pada komputer dengan system operasi Mac dan Windows. Dengan user interface yang simple serta penggunaan point-and-click untuk mere-name atau re-ordering custom patches dari gitaris-gitaris ternama memudahkan user untuk mengedit efek chain dan memanage efek.

SOUND

Kami menggunakan gitar Musicman Valentine saat mencoba efek ini. Dengan prioritas mencoba tone dengan amp simulator, untuk mengetahui seberapa transparannya sengaja output dual mono pada efek ini Kami coba dengan monitor speaker flat. Ada dua mode untuk menggunakan efek ini, yaitu stomp mode untuk mensetting efek sesuai kebutuhan user, dan memory mode untuk menggunakan preset patch dan bank. Bagi para gitaris yang sudah terbiasa menggunakan sebuah multi efek, Kami rasa tidak membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi mengoperasikan efek ini.

Kami memilih stomp mode agar lebih fleksibel dalam menseting efek dan amplifier. Untuk sound clean kami coba Fender ’65 Twin Reverb dengan cabinet FD2x12, tak lupa kami tambahkan rack compressor sebelumnya di signal chain. Sound clean yang clear mampu di repro oleh efek ini. Kami tambahkan sedikit stereo chorus dan delay untuk memainkan beberapa riff jazz yang smooth dan clear. Kemudian untuk overdrive Kami coba amp UK 30A dengan setting bass treble cut 50, gain 25. Lalu cab UK2x12 dengan volume 50, dan tambahkan di depan amp TS Drive dengan gain 70, tone 57, vol 60. Terdengar sound overdrive yang warm pada settingan tersebut.

Yang cukup membuat terkejut dengan kualitas soundnya adalah saat Kami pilih XtasyBlue amp dan cabinet BGN 4X12, lalu kami tambahkan gold drive dengan gain 75, bass 50, treble 56, vol 43. Efek ini mampu merepro sound high gain untuk memainkan musik rock dan metal yang full distorsi. Adanya option STRCT di amp modeling untuk mendapatkan layaknya sound stacked tube amps yang powerfull menjadikan efek ini lebih versatile.
Beragam pilihan dynamic, filter, drive, amp, cabinet, serta time based effects seperti modulation, dan sfx membuat efek ini memiliki sound generic dengan gain yang baik. Cukup untuk mengakomodir kebutuhan gitaris. Di tambah delay dan reverb yang menjadi pendukung sound dasar tadi, efek ini masih dapat di gunakan bereksperimen untuk eksplorasi sound yang lebih luas.

OVERALL

Ukurannya yang compact di imbangi sound yang massive dengan kualitas cukup real menjadi point lebih dari efek ini. Pengaturan yang simple di sertai 3 buah footswitch dan 3 buah bank switch menjadikan efek ini sangat fleksibel, terutama saat digunakan untuk live performance. Jika Anda mencari efek dengan harga ekonomis dan versatile untuk memainkan berbagai genre music atau recording, Kami rasa Zoom G3n ini patut Anda pertimbangkan. *RESSA SM.

Related Posts