• Jumat , 20 Juli 2018

LANEY IRONHEART IRT-X

Laney sebagai salah satu produsen amplifier menghadirkan varian baru dari lineup Iron Heart series, yaitu Laney Iron Heart IRT-X.

Sebuah extension cabinet yang menawarkan beberapa fitur unggulan yang inovatif dan lebih fleksibel, sehingga Lanye menyebutnya juga dengan expansion cabinet. Bentuknya yang compact dengan konstruksi material MDF casework closeback yang kokoh di finishing textur warna hitam. Terdapatnya pole mounted untuk meletakkan pada stand speaker secara horizontal, maupun penggunaan secara vertical di floor menjadikan Laney IRT-X lebih fleksibel menyesuaikan spot yang ada dan lebih portable untuk penggunaan mobile.

Kami mencoba Laney IRT-X ini dengan dua cara yang berbeda. Yang pertama menggunakan sebagai extension cabinet wet dry dengan amplifier combo 2 x 12  serta FX dan input playback untuk backing track. Kami routing dari output amplifier – input amplifier IRT-X – FX mono send – Zoom MS70 – Return IRT-X – iPhone AUX in . Tidak lupa Kami menswitch speaker emulation. IRT-X mampu merelay sinyal dari preamp amplifier secara natural.

Tapi asumsi Kami, penggunaan amplifier combo ataupun stack yang berbeda pasti akan menghasilkan tone yang berbeda. Namun adanya equaliser bass dan treble di sini , cukup membantu untuk colouring tone mendekati karaketer sound yang di inginkan. Saat FX Zoom MS70 Kami aktifkan, penggunaan FX untuk mendapatkan dry sound pada Laney IRT-X saat menggunaan efek stereo seperti ping-pong delay, modulasi serta reverb yang lebih wide dengan memblend ke 2 speaker yang berbeda. Laney mampu memberikan sound powerfull yang clean serta open dengan frekuensi yang flat. Ketika Kami memutar backing track dengan lagu yang full distorsi, terdengar sound yang powerfull dengan sub lebih mid attack.

Kedua, walaupun Laney menyebutkan bahwa IRT-X ini bukanlah PA speaker, Kami tetap mencoba dengan mensimulasikan untuk penggunaan floor monitor secara direct menggunakan gitar akustik elektrik steel dari output mixer dengan routing FX preamp gitar – sub mixer – Line in IRT-X – main mix Mixer – Laney Audio Hub 4 x 4 untuk master out. Karena menggunakan efek preamp, kali ini Kami menswitch off speaker emulation. Ketika Kami melakukan strumming, flat respons dari speakernya mampu memberikan sound akustik gitar yang dinamis dan natural. Saat memetik steel senarnya clarity dari Laney IRT-X juga memberikan respon impresif.

Berbeda rasa dengan backing track sebelumnya, saat memainkan backing track yang full accoustic, Kami rasakan speaker full rangenya treble yang open dan smooth dibantu dengan sub yang soft bass driver melalui speakernya. Ini mengartikan bahwa Laney IRT-X ini mampu mengcover lagu genre apapun yang di putar. Adanya ERL fitur untuk penggunaan amplifier extention cabinet, FX loop, cabinet emulation, serta DI out menjadi point plus pada Laney IRT-X. Tidak hanya sebagai extension cabinet, Laney IRT-X ini merupakan expansion cabinet yang versatile dengan berbagai macam fungsi seperti mini portable PA system. Full range flat response speakernya sangat memungkinkan di gunakan untuk beberapa profiling modeling amp karena tidak memberikan colouring sound.

Related Posts