• Jumat , 20 Juli 2018

IBANEZ SR875-BRG

IBANEZ BERAWAL TAHUN 1908 SEBAGAI HOSHINO GAKKI COMPANY DI NAGOYA, JEPANG. PADA 1935 BARU MEREKA MEMPRODUKSI GITAR AKUSTIK SPANYOL DIBAWAH NAMA “IBANEZ SALVADOR” YANG KEMUDIAN MENJADI “IBAANEZ”.

Sejak itu petualangan Ibanez berlanjut membuat gitar dan bass elektrik serta pedal efek gitar yang semakin lama semakin mendapat tempat di pasar industri alat musik dunia. Salah satu seri bass yang terkenal adalah seri SR atau soundgear. Selama 30 tahun seri bass SR dari Ibanez terus eksis, sangat populer karena inovasi keragaman sound yang bisa dihasilkan, variasi dalam hal budget (harga), playability yang nyaman, mudah dimainkan, fast neck (bisa dimainkan dengan cepat karena ukuran neck yang kecil sehingga fingering bisa sangat leluasa), berat body yang ringan, dan elektronik akrif yang bertenaga.

SR 5STRING STUNNING FLAME TOP & BARTOLINI PICKUPS

Bass Ibanez SR875-BRG yang hadir ke kantor Audio Pro untuk kami review kali ini terlihat sangat menawan, bagai karya seni yang indah. Berwarna BRG (Blue Reef Gradation), gradasi biru laut yang sangat cantik, terlebih dengan corak flame top yang makin memberi kesan artistik.  Seperti seri SR terdahulu, SR875-BRG memiliki disain body yang kompak, tipis, dan berboobot ringan. Body terbuat dari kayu Mahogany dengan finishing corak flame maple di bagian atas yanng menyolok. Bentuk body yang sculpted atau cekung di bagian belakang akan memberikan kenyamanan secara natural ke tubuh saat dimainkan.

Neck yang terbuat dari 5 lapis kayu Jatoba dan Walnut dengan inlay abalone berukuran tipis untuk fingering yang maksimal. Meski tipis, kayu Jatoba dan Walnut dikenal kuat. FIngerboard pada SR875-BRG terbuat dari kayu Jatoba juga yang berwarna coklat kemerahan yang akan menghasilkan mid-range yang kaya serta frekuensi high yang renyah. Pengaturan truss rod yang diletakkan di tengah antara body dan neck akan memudahkan penyesuaian ketinggian senar pada neck tergantung kebiasaan anda bermain.

Ditunjang oleh dua buah pickup humbucker Bartolini BH2 dual-coil dengan 3-band elektronik aktif semakin menambah daya ledak sound SR875-BRG. Ibanez menambahkan fitur tone shaping pada frekuensi mid 250Hz, 450Hz, dan 700Hz yang diatur oleh sebuah tombol switch 3-way. Memberikan kita keleluasaan untuk mengangkat frekuensi mid tertentu sesuai sound yang kita inginkan. Bartolini BH2 menghasilkan kadar frekuensi low yang padat, mid-range yang punchy, dan respon yang smooth. Bridge Accu-cast BB505 yang disematkan pada SR875-BRG memberikan keleluasaan penempatan senar pada bridge termasuk jarak antar senar untuk menghasilkan sound yang diinginkan.

SOUND

Kami mencoba bass SR875-BRG ini dengan sebuah amplifier Hartke HD150. Pada posisi knob volume jam 9 pada amplifier, sound yang dihasiilkan oleh SR875-BRG sangat kencang, bertenaga, lebih keras dari bass-bass bereketronik aktif yang sudah kami coba sebelumnya. Memang seperti seri SR dari Ibanez yang terkenal karena gain yang besar, SR875-BRG juga dahsyat tenaganya. Berkarakter modern, kaya akan frekuensi low yang tebal dan dalam, frekuensi mid yang penuh, serta kandungan frekuensi treble yang renyah dan tajam. Tone tidak blur ketika kami menggeber maksimal volume pada amplifier, tetap jelas dan bertenaga. Kedua buah pickup Bartolini BH2 menghasillkan sound tebal yang kaya akan detail nada yang dimainkan. Respon terhadap setiap petikan pada senar sangat smooth, tonality jelas.

 

Pickup neck menghantarkan sound low yang lebar dan sedikit muddy, sesuai untuk musik blues, punk dengan teknik picking, reggae, dan walking bass jazz klasik. Pickup bridge berkarakter mid high yang punchy, sesuai untuk fingering solo bass, atau memainkan ghost notes dan harmonik ala Jaco. Fitur swicth frekuensi mid juga menambah keleluasaan kita menghasilkan karakter sound yang diinginkan. Tone shaping bisa kita atur pada frekuensi mid 250Hz, 450Hz, dan 700Hz untuk lebih fokus lagi pada karakter sound yang kita mainkan. Sangat variatif hasilnya, mulai dari sound mid scoop yang pas untuk teknik slapping, deep low yang tebal dan boomy untuk musik R&B, ssampai mid punch yang galak untuk musik Funk.

KESIMPULAN

Seri SR Ibanez memang menawarkan sound modern yang variatif sehingga bisa dimainkan  untuk banyak ragam genre musik. SR875-BRG merupakan update dan inovasi terbaru dari teknologi seri SR Ibanez, menawarkan kemudahan bermain, disain yang futuristik dan artistik menawan, fitur update modern, dan sound bertenaga yang sangat bisa diandalkan untuk beragam medan dan situasi panggung. SR875-BRG bisa menjadi pilihan anda sebagai senjata andalan bermain bass. *Alek Kuple.

Related Posts