• Jumat , 16 November 2018

LANEY GH50R-212

Ketika mencari tone terbaik untuk gitar elektrik, terdapat 3 element penting, yaitu pre-amp, power-amp serta speaker. Selain itu, ada dua type gain yang mempengaruhi tone gitar, gain dari preamp untuk mengolah sinyal awal gitar, serta dan power amp gain untuk menguatkan sinyal yang telah diproses oleh section preamp tadi. Pada kondisi tertentu, banyak faktor yang mempengaruhi sehingga tidak semua venue mempunyai headroom yang dapat digunakan maksimal. Dengan segala keterbatasan itu, banyak para gitaris yang kehilangan karakter tone distorsi pada output-nya ketika menambah gain pada section preamp, Laney memahami keadaan itu dan mencoba menggabungkan antara output section signal dan membuat balanced antara preamp distortion dengan power amp gain menggunakan master output control untuk mendapatkan tone sesuai yang diharapkan pada lineup produk GHR seriesnya, seperti seri GH50R-212.

Laney GH50R-212 dengan tampilan stylish mempunyai fitur twin channel preamp ini terdapat knob control Channel 1 dan Channel 2 dilengkapi dengan 3-band EQ , Master tone, Master output dan efek Reverb dengan output preamp tabung 4 x 12ax7. Selain itu, terdapat fitur pull bright pada Channel 1 serta pull shift di middle equalizer band dan pull focus untuk efek reverb agar bisa mendapatkan karakter tone yang berbeda. Amplifier yang memerlukan power 50 watts RMS ini dibekali dengan speaker 2 x 12 16 ohm Celestion Vintage 30 dengan dukungan output poweramp tube 2 x EL34. Laney GH50R-212 yang mempunyai desain open back cabinet ini mampu menghasilkan sound clean ataupun sound distorsi, Ketika Channel 1 di switch dengan equalizer, master output serta tone di-setting flat, dengan drive di angka 3, sound crystal clean mampu dihasilkan oleh amplifier ini, tambahkan reverb di angka 7 untuk mendapatkan saturasi tone yang lebih berkarakter.

Ketika master tone dinaikkan sampai angka 7, dan pull bright digunakan, karakteristik tone clean yang bright pada mid-range khas neck single coil lebih warm dihasilkan oleh poweramp EL34. Crankup drive pada angka 5 dan master output pada angka 4, maka sound crunch untuk memainkan blues dapat dihasilkan oleh Laney GH50R-212. Ketika channel 2 di switch, drive di angka 4, master volume angka 4, serta equalizer di-setting flat, dengan menaikkan tone sedikit ke angka 6, karakter british amp serta vintage-rock sound terdengar dari amplifier ini. Ketika drive serta master tone di-crankup ke angka 8, master output serta volume di angka 4, bass serta treble di angka 6 menggunakan push-pull mid control di angka 4, sound Bigg Muff untuk memainkan stoner-metal rhythms mampu dihasilkan oleh Laney GH50R-212.

Related Posts