• Jumat , 16 November 2018

HELLRAISER HYBRID C-1 FR TBB

Brand Schecter umumnya dikenal sebagai gitar yang paling pas dengan gitaris yang gemar memainkan genre metal dan rock. Tak aneh, jika gitaris metal banyak mengandalkan gitar brand Sechter.

Review gitar dari produk Sechter yang diujicoba di studio Audiopro adalah Sechter Hellraiser Hybrid C-1 FR TBB dilengkapi fitur menarik. Schecter Hellraiser Hybird C-1 FR TBB mempunyai desain body dengan finishing glossy  unik, yakni seperti kulit ular berwarna transparan black burst. Finishing tersebut ditambah juga dengan carbon fiber multiply binding yang mengitari seluruh body mahogany-nya serta neck 3 pieces maple dengan fretboard ebony pada konstruksi set-neck ultra access untuk finishing satinnya.

PLAYABILITY

Dengan fretboard radius 12” hingga 16” yang terasa lebih flat, playability gitar ini sepertinya memang di desain untuk melakukan speed shredding. Ketebalan neck C-shape di fret 1-12 sekitar 19 mm dan fret ke 12-24 setebal 20 mm, mampu memberikan rasa nyaman dan pas untuk genggaman tangan kiri di atas ke 24 X-Jumbo fretboard ebony pada gitar ini. Tensi senar pun cukup stabil karena didukung Double Locking Tremolo Floyd Rose 1000 Series yang tetap in-tune walau dimainkan secara ekstrem sekalipun. Action senar bawaan pabrik yang masih cukup tinggi juga dapat di-setup ulang sesuai kebutuhan untuk membantu playability agar penetrasi jari terhadap senar dapat bergerak maksimal.

Schecter  paham bahwa para gitaris menginginkan sebuah gitar dengan performa yang absolut. Saat memainkan Hellraiser Hybrid C-1 FR TBB,  kami sengaja menggunakan amplifier Peavey 212 SC seting flat. Ketika mencoba sound clean untuk merasakan tone dari pickup EMG 57 pada bridge serta EMG 66 pada neck, gitar dengan konfigurasi double aktif humbucker yang dipadukan three-way switch-nya ini mampu merepro karakter sound clean yang deep warm, dan tidak terlalu over bright namun tetap responsif.

Saat mencoba sound distorsi (gain di angka 2) dan posisi EQ flat, kedua buah ceramic magnetic pickup humbucker yang membutuhkan baterai 9V ini mempunyai gain output yang cukup besar. Pickup EMG 57 pada bridge-nya mampu memberikan sound yang punch dan detail dengan sustain yang cukup baik. Sementara pickup EMG 66 pada neck-nya yang berkonstruksi set-in mampu merepro sound mid-range yang warm dan smooth serta low yang luas dengan clarity dan sustain yang panjang dan tegas.

Sepertinya Pickup EMG 57 dan EMG 66 memang “partner in crime”  menghasilkan tone clean maupun distorsi yang sensitif serta responsif dengan karakter modern high-output. Selain mampu menghasilkan output yang besar, adanya dua buah control knop individual pickup volume serta sebuah control tone juga mampu untuk mendapatkan sound yang lebih agresif. Kedua pickup ini mampu menghasilkan tone yang serbaguna untuk memainkan musik bergenre Metal maupun genre musik yang lebih luas lagi.

Schecter Hellraiser Hybird C-1 FR merupakan salah satu gitar hi-end yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan gitaris dengan aliran musik bergenre Metal. Schecter Hellraiser Hybird C-1 FR ini dilengkapi dengan segudang kelebihan, yakni dari segi desain yang modern dan good looking, bobot yang lebih ringan dibandingkan seri Hellraiser sebelumnya, hingga sound yang berkarakter high-gain agresif. Tidak heran jika Schecter Hellraiser Hybird C-1 FR menjadi pilihan para gitaris yang bosan dengan desain dan karakter sound yang itu-itu saja.

Related Posts