• Sabtu , 18 Agustus 2018

MEMANFATKAN IPHONE/PAD REKAMAN DENGAN DAW

MICROPHONE ADALAH SEBUAH PERANGKAT YANG SANGAT PENTING UNTUK MENERIMA SINYAL SUARA. TERDAPAT DUA JENIS MICROPHONE YAITU MICROPHONE CONDENSER DAN DYNAMIC.

Perbedaan keduaanya ada pada sistem kerjanya. Dimana mikrofon condenser memerlukan Daya 48 volt yang dikenal dengan Phantom Power. Sedangkan mikrofon dynamic tidak memerlukan phantom power. mikrofon condenser memiliki Daya tangkap yang jauh lebih baik daripada mikrofon dynamic. Oleh sebab itu, mikrofon jenis ini sering digunakan untuk keperluan rekaman. Pada perangkat iPhone terdapat paling tidak tiga mikrofon. Mikrofon ini terletak di atas berdekatan dengan kamera depan, dibawah, dan di belakang. Masing masing memiliki fungsi berbeda. Mikrofon atas digunakan untuk melakukan panggilan video, mikrofon bawah digunakan untuk melakukan panggilan telepon, dan mikrofon belakang disinyalir digunakan untuk noise cancelation.

Jika anda pernah menggunakan fasilitas voice memo/memo suara, sebuah Aplikasi Dari Apple yang digunakan untuk merekam suara, atau menggunakan Aplikasi pihak ketiga seperti iRig Recorder, biasanya mikrofon bawah yang akan digunakan untuk Aplikasi tersebut. Sehingga jika kita akan merekam maka area “on-axis” berada dibagian bawah iPhone. Sedangkan bagian lain menjadi area “off -axis” nya. Selain bisa merekam menggunakan aplikasi perekam suara di dalam iPhone, saat ini sudah bisa juga digunakan untuk merekam ke dalam Mac dengan software DAW.

Sesungguhnya fitur ini diperuntukkan untuk merekam suara suara yang ada di iPhone melalui kabel Lightning misalnya, suara Dari video yang kita rekam, suara percakapan telepon, dan lain lain. Intinya adalah suara yang ada di dalam iPhone bisa direkam keluar menggunakan DAW melalui kabel Lightning. Istimewanya, yang direkam adalah stereo. Namun, selain merekam suara internal di dalam iPhone, kita bias memanfaatkan untuk merekam suara kita langsung ke DAW. Berikut caranya:

  • Pasang kabel data Lightning dari Mac ke iPhone.
  • Buka pengaturan Audio/MIDI Setup.
  • Pilih “Enable” pada pilihan input iPhone
  • Pada System Preference pilih Audio, dan pilih input pada pilihan iPhone. Disini memang tidak ada pengaturan apapun.
  • Kemudian buka software DAW. Jika menggunakan Logic Pro X, masuk ke pengaturan input, kemudian pilih iPhone.

  • Pada iPhone install Aplikasi Microphone Free | VonBruno.
  • Pada aplikasi tersebut pilih output Nya pada Docking.
  • Tekan tombol Power/On Mic di layar iPhone.
  • iPhone sudah menjadi mikrofon dan siap untuk rekaman.

Dari hasil uji Coba yang saya lakukan, mikrofon iPhone sangat baik untuk menangkap suara. Namun, disini kita tidak bisa mengatur Gain/Sens nya. Besar nya input diatur melalui DAW. Untuk keperluan mendesak, fitur ini sangat membantu. Dalam artikel ini dilakukan uji dengan perangkat iPhone X dan iPhone 6s Plus, Macbook Pro dengan sistem operasi Sierra, dan DAW Logic Pro X. Penasaran? Selamat mencoba. *Pandan Purwacandra.

Related Posts