• Rabu , 24 Oktober 2018

MENCARI KARAKTER SESUAI KEBUTUHAN SOUND MIKROFON PEMULA SESUAI KEBUTUHAN JTS TM SERIES

SEJUMLAH PRODUSEN PRODUK PRO AUDIO JUGA MELUNCURKAN VARIAN MIKROFON DYNAMIC UNTUK BEBERAPA APLIKASI. TERMASUK BRAND JTS JUGA MEMBERIKAN PILIHAN BEBERAPA SERI MIKROFON JENIS DYNAMIC UNTUK PRA PENGGUNANYA.

JTS meluncurkan mikrofon yang sangat terjangkau dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai aplikasi profesional dan pribadi. Seri TM 989 memiliki karaktter capture suara yang berbeda dengan seri TM929 maka fungsi mikrofon juga berbeda dengan seri lainnya. Oleh karenanya, sebelum berinvesati mikrofon, kita wajib mengetahui karakter dari setiap seri mikrofon. Setiap produsen pasti memproduksi sejumlah seri mikrofon untuk bisa dimanfaatkan oleh pengguna berdasarkan kebutuhan pemakaiannya, seperti studio latihan, pidato (MC), vokal, hingga instrumen. Seperti yang kami ulas JTS juga meluncurkan beberapa seri dengan spesifikasi penggunaan yang berbeda.

JTS TM 989 SERIES  Mikrofon Dynamic

Kini kita diberikan pilihan produk mikrofon terbaru keluaran JTS untuk aplikasi pidato, seminar, MC, dan karaoke. Mikrofon vokal JTS TM 989 single pattern cardioid memiliki harga yang cukup terjangkau bagi pengguna home karaoke namun memiliki kualitas suara standar profesional. Mikrofon ini memiliki bodi yang kokoh layaknya mikrofon live sound pada umumnya. Saklar On/Off juga ditempatkan pada bodi mikrofon, tujuannya mikrofon dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengguna awam tanpa bantuan audio engineer.

Jts TM 989 memiliki karakter sound vokal cenderung flat dibanding dengan Jts seri TM 969. Mikrofon ini mampu mengcapture sumber suara dengan baik. Karakter frekuensi vokal dalam bidang frekuensi mid range (frekuensi menengah) cukup solid. Bunyi vokal terdengar jernih dan tidak ‘berkabut’. Bidang frekuensi rendah juga tak berlebihan. Jts TM 989, selain digunakan untuk kebutuhan vokal (karaoke) maupun pidato (speech), tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk rekaman vokal dalam aplikasi home recording. Karakter frekuensi yang cenderung flat akan membantu audio engineer lebih leluasa mengatur tone vokal saat proses tracking maupun mixing jika diperlukan.

Spesifikasi:

  • Jenis: Moving Coil Dynamic
  • Respon Frekuensi: 80~12,000 Hz
  • Polar Pattern: Cardioid
  • Sensitivity (pada 1,000Hz): -75dB*(0.18mV)*0dB=1V/bar
  • Impedansi: 600

JTS TM 929  MIKROFON DYNAMIC

Mikrofon untuk vokal JTS TM 929 ini dirancang untuk kebutuhan panggung (live performance), pidato (MC, presentasi), karaoke, studio latihan, hingga studio rekaman pribadi (home recording) dengan harga di kelas entry level, cukup terjangkau. TM 929 memiliki karakteristik capture (tangkapan) suara yang berbeda dengan seri TM 989. Karakter tangkapan suara pada seri TM 989 cenderung flat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai mikrofon vokal dan instrumen (miking kabinet gitar). Sedangkan, JTS TM 929 memiliki karakter suara dengan sound bass lebih kentara. Karakter pada bidang frekuensi low-mid hangat, tak aneh rasanya mikrofon JTS TM 929 ideal untuk aplikasi pidato, presentasi, atau MC. 

Karakter vokal terdengar lebih berwibawa berkat frekuensi bass yang kentarayang terdengar dari loudspeaker monitor studio dan PA.Umumnya, karakter suara yang tegas dan berwibawa disukai oleh pembicara (pidato) maupun kebutuhan MC. Apabila sumber suara wanita (cenderung dominan pada frekuensi menengah hingga tinggi) maka tonal menjadi seimbang, karakter suara wanita akan lebih tegas tanpa melakukan sentuhan EQ. Mikrofon JTS TM 929 sudah dirancang sesuai aplikasi pidato (presentasi, MC) tanpa memerlukan EQ atau boleh disebut sound vokal yang matang. Kuatnya karakter sound vokal yang matang ini, sangat memungkinkan TM 929 dimanfaatkan dalam aplikasi karaoke. Selain itu, kita dapat memanfaatkan JTS TM 929 untuk kebutuhan studio latihan (rehearsal).

Spesifikasi:

  • Jenis: Moving Coil Dynamic
  • Respon Frekuensi: 50~15,000 Hz
  • Polar Pattern : Cardioid
  • Sensitifitas: (@1,000Hz) -75dB*(0.18mV)*0dB=1V/μbar
  • Impedansi : 600Ω

JTS TM 969

Mikrofon jenis dynamic polar pattern cardioid ini paling ideal digunakan bagi pengguna awam. TM 969 memiliki karakter sound yang berbeda dari seri TM 989 dan TM 929 dan cepat disukai oleh kalangan awam. Capture sumber suara vokal dari TM 969 menghasilkan karakter sound bersifat terbuka (bright, terang) .

Artinya, area frekuensi mid-high sedikit dominan namun tetap smooth, menghasilkan sound vokal yang jernih. Bobot vokal hasil capture TM 969 cukup solid diimbang dari respon frekuensi rendah yang juga menojol yang membuat karakter sound vokal lebih powerful. Sound vokal sangat mudah didapat tanpa melakukan ekualisasi. Mikrofon ini dapat kita manfaatkan dalam aplikasi vokal, pidato, MC, Meeting, ibadah, dan karaoke. *Fajar Arianto

Spesifikasi:

  • Type: Moving Coil Dynamic
  • Frequency Response: 80~12,000 Hz
  • Polar Pattern: Cardioid,rotationally symmetrical about microphone axis, uniform with frequency
  • Sensitivity (at 1,000Hz): -75dB*(0.18mV)*0dB=1V/μbar
  •  Impedance: 600Ω

Related Posts