• Senin , 23 Juli 2018

YAMAHA TRBX604FM

Mengenai Yamaha rasanya kami tidak perlu menulis panjang lebar, karena sejarah panjang Yamaha sangat mempengaruhi dunia musik sejak dulu.

Bermula dari memproduksi reed organs sejak tahun 1887, Yamaha Corporation di Jepang (kemudian berganti nama menjadi Nippon Gaikki Co., Ltd) berkembang menjadi perusaahaan besar dengan beragam produk mulai dari alat musik, motor, audio visual, robot industri, dan banyak lagi. Brand Yamaha sudah sangat melekat khususnya pada lini produk instrumen musik. Siapa yang tak kenal gitar klasik Yamaha? Seolah sudah melekat erat bahwa gitar klasik adalah Yamaha pada umunnya. Bagi generasi musisi era 80-90an merek Yamaha identik  dengan musik jazz  fusion yang penuh skil tinggi, dilanjutkan dengan era 2000an sampai sekarang kita  kenal banyak bassist terkenal yang menggunakan bass Yamaha seperti Billy Seehan, John Myung (awal karir di Dream Theater), dan yang paling fenomenal adalah Nathan East, bassist paling laku sedunia.

PENAMPILAN YAMAHA TRBX604FM

Seri 600 merupakan seri terbaru dari bass Yamaha. Terdapat dua varian yaitu bersenar 4 (604) dan bersenar 5 (605). Kali ini kami kedatangan seri TRBX604FM yang memiliki 4 buah senar. Body yang terbuat dari kayu Alder dan Maple ini memiliki disain futuristik ala Jepang dengan beberapa curve atau lengkungan yang membuat TRBX terlihat menawan. Apalagi dibalut dengan warna cokelat muda keemasan (Matte Amber) berulir serat kayu yang tampak tegas. Disainnya ergonomis dengan ukuran sedang dan bobot ringan. Sentuhan modern yang ciamik. Disain headstock khas Yamaha dengan logo Yamaha yang simpel menambah kesan mewah TRBX604FM ini. Neck maple dengan fingerboard rosewood disambungkan dengan neck joint ke body.

Untuk bridge digunakan tipe High-Mass yang secara efisien akan menyalurkan resonansi getaran kayu body untuk menghasilkan tone yang kaya. Pickup yang digunakan adalah 2 buah YGD H4 dengan sirkuit preamp aktif dan pasif yang bisa dipilih melalui switch pasif/aktif. Tersedia 5 buah knob yaitu untuk master volume, pan pot pickup depan dan belakang, serta 3 buah knob equalizer yang hanya berfungsi pada mode pickup aktif. Fitur khusus yaitu adanya LED untuk penanda tenaga baterai pada bagian belakang body sehingga kita bisa mengetahui kapan saatnya mengganti batere agar tidak mati pada saat tampil di panggung.

SOUND

Pada kesempatan ini kami menggunakan sebuah amplifier Hartke HD-150 untuk mendengarkan sound dari Yamaha TRBX604FM ini. Seperti biasa setting equalizer pada amplifier kami posisikan flat atau posisi jam 12 pada knob equalizer. Sementara pada bass awalnya kami posisikan switch ke pickup pasif, sehingga sound murni dari kedua buah pickup yang akan terdengar.

Ternyata sound yang keluar terasa cukup powerful, dengan karakter modern dimana frekuensi low tidak terlalu melebar namun cukup fokus sehingga kami mampu menyimak setiap detail tone dengan jelas karena kandungan frekuensi mid dan high yang agak dominan. Disain pickup alnico magnet dengan quad-pole piece memang memberikan power yang cukup serta sensitif menangkap setiap nuansa getaran senar yang kami mainkan pada mode pasif. Download Majalah Audiopro edisi 04 2018 di aplikasi GRAMEDIA DIGITAL (playstore/appstore) atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts