• Senin , 23 Juli 2018

PERKUSI TRADISIONAL INDONESIA MEWARNAI IDPFEST2018

IDP FEST 2018 (INDONESIA DRUMMER DAN PERKUSIONIS FESTIVAL) MASUK MUSIM KETIGA. IDP FEST YANG DIMOTORI OLEH MUSISI SENIOR EKKI SOEKARNO KIAN MENGALAMI PERKEMBANGAN NYATA.

Tidak saja sebagai ajang kompetisi drum dan perkusi , IDP Fest menyugguhkan program-program menarik setiap tahunnya untuk para drumer, perkusionis, serta musisi lainnya, seperti klinik edukasi drum, pengembangan dan pengenalan budaya musik tradisional Indonesia, talkshow, hingga pameran drum dan perkusi. Kolaburasi antara musisi yang memainkan instrumen drum moderen dan perkusi tradisional daerah juga mewarnai dalam venue indoor Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki di Jakarta yang diselenggarakan dari 29 Maret sampai 1 April 2018 lalu.

IDPFEST selalu mengangkat seniman perkusi tanah air dari berbagai wilayah di Indonesia. Suatu misi cerdas dan mendidik digelar selama empat hari berturut-turut dalam acara IDPFEST 2018. IDPFEST menyajikan wawasan musik tradisional jenis perkusi yang sangat luas kepada seluruh pengunjung yang sebagian besar adalah musisi dan masyarakat muda yang hadir dalam gelaran tahun ketiga ini. “Belajar dari tahun lalu, ternyata IDPFEST membutuhkan ruangan (venue) yang lebih besar,” ujar Ekki Soekarno. Sungguh tepatpeserta IDPFEST kian bertambah yang hadir dari berbagai wilayah di Indonesia.

Komunitas drum ini, cukup konsisten bahkan memberikan ruang dan waktu bagi anggotanya berkesempatan perform baik melalui jalur kompetisi maupun jalur pendidikan musik, di antaranya Institut Kesenian Jakarta, Music School of Indonesia, Syuman School of Music, Chick’s Musik, Banten Ensemble Percussion, dan lain-lain. Dalam kesempatan ketua panitia IDPFEST 2018, Ekki Soekarno memberikan penghargaan IDP Legend kepada musisi senior legendaris yang memberikan kontribusi besar terhadap industri musik di tanah air, di antaranya adalah M. Sani, Gatot Sunyoto, Isa Tartusi, Joni Suwadi, dan lain-lain. Penghargaan IDP Legend merupakan bentuk penghormatan kepada musisi yang berkecimpung di dunia drum dan perkusi di tanah air. Download Majalah Audiopro edisi 04 2018 di aplikasi GRAMEDIA DIGITAL (playstore/appstore) atau langsung beli di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya. *Tim Audiopro.

Related Posts