• Senin , 23 Juli 2018

SEKILAS SEJARAH BASS YAMAHA BB

Sebagai sebuah perusahaan pembuat alat musik, Yamaha sudah menjadi legenda tersendiri di dunia. Didirikan oleh Torakusu Yamaha pada tahun 1887 di Shizuoka Jepang, sampai kini Yamaha terus eksis dan kian berkibar meski semakin banyak brand alat musik baru. Konsistensi mutu dan inovasi menjadi kekuatan Yamaha untuk terus bertahan di industri alat musik.

 

Setiap pemain bass terutama generasi 80an seperti saya pasti akan ingat dan selalu terkenang akan sebuah seri bass Yamaha yang sangat terkenal di era 80-90an, yaitu seri BB (Broad Bass). Sound yang sangat tebal, punchy, lugas, lebar, tonality yang jelas menjadi karakter yang tak mudah saya lupakan sejak pertama kali mendalami permainan bass. Apalagi pada era 80an kita mengenal jenis musik Fusion Jazz yang menjadi acuan banyak anak band pada masa itu, dan sebuah band yang sangat terkenal dari Jepang yaitu Casiopea para personilnya menggunakan brand Yamaha termasuk bass Yamaha BB, menjadikan Yamaha sukses memasarkan image musik yang kuat pada musisi era 80an. Seolah sound bass Yamaha BB melekat dengan musik Fusion yang terkenal itu. Ya, coba dengarkan permainan dan sound Tetsuo Sakurai (bassist Casiopea) dengan Yamaha BB nya, karakter low yang lebar dan tebal ketika fingering namun bisa menjadi gahar dan agresif ketika bermain slap. Tak dapat dipungkiri bahwa sound bass yang dominan menjadi kekuatan groove musik Fusion Jazz kala itu.

Kemudian timbul pertanyaan apakah bass Yamaha BB hanya sesuai untuk jenis musik Fusion ala Jepang tahun 80an saja? Tentu tidak. Coba anda simak beberapa rekaman lagu yang hits pada era 80-90an, akan terasa karakter khas Yamaha BB di lagu-lagu tersebut. Kenapa demikian? Karena pada era itu Nathan East dan Leland Sklar adalah dua pemain bass yang paling laris menjadi session player baik untuk rekaman maupun live show mengisi banyak rekaman lagu hits pada masa itu seperti Phil Collins, Eric Clapton, Madonna, dan banyak lagi, dan kedua pemain bass tersebut menggunakan bass Yamaha BB. Tidak diragukan lagi bukan?

Untuk jenis musik Rock Alternative yang sangat booming pada era 90an anda bisa simak sound bass dari band No Doubt dan Goo Goo Dolls yang sangat terkenal pada masa itu. Tony Kanal (No Doubt) dan Robby Takac (Goo Goo Dolls) keduanya menggunakan bass Yamaha BB. Seri Yamaha BB saat ini sudah berusia 40 tahun, karena pertama kali dibuat pada tahun 1977 dengan seri Yamaha BB-1200. Kemudian pada tahun 1978 muncul BB-2000 yang memiliki konstruksi neckthrough. BB-2000 mulai mencuri perhatian banyak pemain bass karena sering  digunakan oleh banyak bassist Fusion pada jaman itu. Pada tahun 1982 dibuat Yamaha BB-3000 menyusul BB-5000 pada tahun 1984 yang merupakan bass bersenar 5 pertama kali buatan Yamaha. Pada tahun 80an memang bass bersenar 5 mulai menjadi trend terutama di kalangan bassis jazz untuk semakin mengakomodasi permainan kompleks dan skill/teknik yang tinggi, serta kebutuhan sound bass yang semakin low dan deep.

Pada tahun 1997 Yamaha mempersilahkan calon pembeli untuk mengatur penggunaan kayu, elektronik, dan sebagainya seperti custom, yang dikenal dengan Yamaha BB Semi Order. Selanjutnya pada tahun 2010 dibuat Yamaha BB-2024X yang mendisain ulang seri BB tahun 80an yang memiliki karakter tebal dan lebar dengan beberapa inovasi teknologi modern yang diterapkan pada kayu, bridge, dan saddle neck. Tahun 2017 menandakan 40 tahun usia Yamaha seri BB, dimana Yamaha mengeluarkan seri BB terbaru yang terdiri dari 4 varian yaitu BB200, BB400, BB700, dan BBPro. Yamaha melakukan inovasi pada disain, kayu, dan pickup. 3 lapisan kayu yaitu Alder/Mapple/Alder dengan kayu Maple di tengah menghasilkan resonansi yang kuat dan sustainable.

Sementara ukuran body dibuat sedikit lebih kecil untuk mengakomodasi playability. Demikian juga pickup yang disematkan pada BB Series 2017 mengacu kepada disain pickup single coil dan split single coil yang umum digunakan pada bass merek lain, sehingga memungkinkan kita untuk mengganti dengan pickup merk lainnya yang ada di pasaran. Yamaha BB melanjutkan tradisi sukses dan karakter sound menawan yang dihasilkannya. Selain Nathan East, beberapa pemain bass dunia yang terkenal pun menggunakan Yamaha, sebut saja Abraham Laboriel, Billy Seehan, James Lomenzo, dan John Patitucci.

Related Posts