• Jumat , 17 Agustus 2018

YAMAHA GENOS

Yamaha meluncurkan flagship product digital workstation Genos di Indonesia.

 

Yamaha Genos sebuah digital workstation sangat piawai dalam mendifiniskan teknologi keyboard terkini didampingi desain minimalis nan moderen merupakan genereasi penerus Tyros 4 . Kesan pertama yang terkandung dalam Genos merupakan Workstation keyboard minim dengan panel kontrol namun memiliki performa suara dan teknologi tinggi. Genos dilengkapi dengan layar display sentuh  (VGA) yang responsif menampilkan informasi dalam bentuk teks dan gambar yang mudah dibaca dalam kondisi  ruangan bercahaya terang maupun gelap. Kami membenarkan, minimnya panel kontrol menghilangkan kesan kompleks bahkan mempertegas Genos mudah dioperasikan. Desain Genos terlihat jelas pada tombol (back light) dan kontroler (knob dan  slider) minimalis serta bentuk keyboard yang lebih ramping, ditambah bookstand yang transparan. Pada panel atas, kami melihat 9 buah fader dan 8 knob kontrol yang berfungsi untuk mengontrol sejumlah paramater edit sound, mixer, dan kontrol organ. di atas knob dan slider kontrol juga disiapkan layar display kecil yang menampilkan nilai parameter (cut off filter, ressonance filter, Attack, Release, Reverb, dan Delay).

SOUND

Di awali dengan uji coba koleksi sound Genos kami rasakan kuat nilai investasi untuk kebutuhan produksi tak akan terbuang. Genos menanamkan engine sound terbaru Yamaha ARM (Articulation Element Modeling) sebagai keistimewaan diebenamkan sound sampling yang natural lebih 1700 koleksi sound yang presisi. Ditambah 500 backing pattern (style) sebagai instrumen pengiring yang sudah dirancang tim Yamaha Genos lebih natural (manusiawi).  Genos, menyertakan sound grand piano perimium seri C7 yang akurat dan elegan. Sebagai keboard jenis workstation, kebutuhan sound piano istimewa ini bisa dimanfaatkan keperluan aransemen musik yang berkelas. Kami mendapati sound grand piano C7 yang masif, akustikal menjadi nilai plus Genos. Kami dapat merasakan detail akustik dari not terendah hingga tertinggi. Karakter attack, resonansi, hammer yang persisi.

Selain itu, kami banyak mendapati sound instrumen akustik yang akurat. Salah satu contoh, kami memilih saxophone dengan sound sampling yang alami, terdengar resonansi serta kami bisa memainkan growling sound saxophone melalui fitur velocity. Begitu pula, sound drum yang organik dari attack, flamming, roll, dan karakter resonansi dari tom yang terdengar jelas. Masih banyak, sound instrumen akustik yang luar biasa bisa dimanfaatkan kebutuhan produksi rekaman bukan sekadar demo. Kumpuluan sound string yang sangat indah, terutama ketika kami mengaktifkan fitur harmony dari panel atas Genos. Seluruh sound yang disiapkan cukup otentik dan berkelas. Sekali lagi, kami perlu menyebutkan Yamaha Genos selain sebagai keyboard pengiring (solo) live performance sangat hebat dimanfaatkan aplikasi produksi musik (profesional).

MUDAH DIOPERASIKAN

Yamaha Genos sangat mudah dioperasikan berkat panel kontrol yang simple namun seluruhnya memiliki fungsi penting. Kami juga tidak direpotkan membuka banyak menu secara digital. Jika Anda melihat pada panel atas disiapkan tombol kontrol Registration Memory. Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita ketika mensetup sound, style, variation, hingga volume ketika sedang bermain. Kita cukup menekan satu tombol Registration Memory maka setup yang sudah kita tentukan (customize). Hal ini membantu kita saat sedang bermain tidak disibukkan mengakses (knob dan tombol) sejumlah menu. Oleh karenanya posisi Registration Memory dietempatkan tepat di posisi tengah yang mudah dijangkau tangan.

RECORDING

Fitur menarik lainnya, Genos menyertakan fasilitas recording (audio/Midi). Fitur ini sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk kebutuhan rekaman secara mandiri (stand alone). Pengoperasiannya juga sangat mudah kita lakukan. Kualitas hasil rekam format audio cukup jernih  karena direkam secara digital. Kami hanya menekan satu tombol Record dari panel atas maka permainan secara realtime langsung direkam dan disimpan ke hard disk internal. Selain itu, kami juga mencoba merekam audio (lagu) dari smart phone (eksternal) menggunakan kabel Rca (analog) yang dicolokkan pada line input (stereo) panel belakang Genos. Proses rekam dari sumber eksternal juga sangat mudah kami lakukan memanfaakan sequencer (recording) internal ke dalam format audio.

HARD DISK

Yamaha Genos, telah menyediakan hard disk internal kapasitas 52 GB, yang bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan beragam file, seperti data sound (bank), file lagu format Midi/Audio (Song), sound sampling (Wav, MP3) dan lainnya.

LOUDSPEAKER

Yamaha menyiapkan tata suara yang memiliki performa audio yang sangat baik. Loudspeaker eksternal ini terdiri dari sepasang full range speaker dan sebuah subwoofer (aktif). Kami mendapati kualitas suara loudspeaker pasangan Genos ini sangat baik dan memiliki kualitas reproduksi suara yang istimewa dan berkelas. Karakter sound yang kami dengar sangat detail, bahkan sound grand piano Yamaha C7 bisa terdengar sangat presisi. Untuk sebuah workstation keyboard kelas atas sangat pantas disiapkan pasangan loudspeaker yang baik karena Genos memiliki segudang sound yang istimewa maka perlu didampingi tata suara (sound system) yang memiliki performa maksimal. *Fajar Arianto

Related Posts