• Jumat , 17 Agustus 2018

iRIG KEYS 25 I/O DARI IK MULTIMEDIA

IK Multimedia senantiasa meluncurkan profesional mobile product kebutuhan rekaman jaman now yang moderen, inovatif, praktis, dan kualitas yang sangat baik.

 

Paketan mobile recording keluaran IK Multimedia selalu diminati oleh para musisi muda dan profesional saat ini. IK Multimedia meluncurkan keyboard kontroler hybrid seri iRig Keys I/O terbaru yang berfungsi sebagai kontroler peranti software digital dipadukan dengan konverter AD/DA 1 channel analog I/O. Salah satu smart controler keyboard, memiliki desain moderen-elegan, dan kompak

KEYBOARD

Dalam uji coba iRig Keys I/0 25 yang dikirim oleh Chandracom, distributor IK Multimedia di Indonesia, ke studio Audiopro. Kami melakukan uji coba melakukan rekaman sebuah aransemen memanfaatkan peranti ini sebagai kontroler dan konverter AD/DA. Selama uji coba, kami menggunakan tone generator dari salah satu softsynth pada personal computer. iRig memang memiliki performa keyboard kontroler moderen yang sangat baik. Selain proses instalasi yang mudah. Kami merasakan karakter tuts (key) yang sangat baik dan nyaman, layaknya synthesizer profesional kelas A. Luar biasa, iRig Keys I/O 25 sungguh memperhatikan kebutuhan keyboardis, aranjer, komposer, dan DJ yang sering menggunakan synthesizer profesional.

Kami cukup nyaman memainkan lead, pad, dan rhythm sangat terarasa memainkan workstation keyboard kelas A yang menyenangkan. Respon velocity yang sangat baik mampu membantu Anda memainkan pattern drum maupun instrumen akustik seperti saxophone, gitar, drum, dan lainnya dengan dinamika yang natural. Peran velociy sensitif sangat baik dan bekerja responsif dalam melakukan pengisian isntrumen akustik dari software synthesizer.

KONTROLER

Sedangkan control pitch bend dan modulation wheel didesain model ribbon, kami butuh penyesuaian namun singkat agar bisa memainkannya dengan nyaman dan benar. Tak luput, sebagai keyboard kontroler moderen iRig menyiapkan 8 buah pad kontrol didampingi fitur multi color LED lights. Jika kami menekan pad kontrol sesuai dinamika sentuhan (pelan atau keras) maka warna latar pad akan berubah-ubah. Sangat menarik jika digunakan pada aplikasi panggung, DJ maupun band dengan warna yang berubah yang sebenarnya menginformasikan velocity. Jika kita tekan pad kontrol keras maka back light menampilkan warna merah. iRig Keys 25 I/O dengan fasilitas USB interface menyiapkan empat buah kontrol knob yang dapat kita assign (mapping) ke nilai parameter synthesizer atau DAW tertentu. Karakter knob kontrol cukup smooth dan membantu kita mengubah nilai parameter dengan presisi.

KONVERTER AD/DA

Fasilitas konverter AD/DA yang tergabung dalam keyboard kontroler ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tracking dan mixing di dalam studio maupun di luar studio (mobile recording). Sample rater hingga 96 kHz dan resolusi 24 bit sudah sangat mumpuni digunakan untuk kebutuhan rekaman standar industri. iRig Keys 25 I/O terdiri dari 2 channel input (1 x konektor universalXLR/TRS dan 1 x konektor jack ¼”), 2 channel output analog, serta terminal Midi I/O. Anda dapat merekam vokal menggunakan mikrofon kondenser dengan memanfaatkan phantom power.

Jika unit ini digunakan kebutuhan panggung (band atau DJ) Anda bisa memasang mikrofon jenis gooseneck yang dicolokkan pada konektor input mikrofon (jack universal) di panel belakang keyboard.
Menjadi catatan terakhir IK Multimedia iRig Keys 25 I/O cukup kompatible dihubungkan ke iOS (iPad dan iPhone) dan paketan ini juga menyertakan software T-Racks Delux, Sample Tank 3, Ableton Live 9 Intro, dan Sample Tank untuk iOS versi penuh. Anda dapat memproduksi musik utuh, dari sistem rekaman (mobile recording) yang paling praktis dan optimal. Bahkan Anda dapat melakukan rekaman vokal dan isnstrumen akustik menggunakan mikrofon kondenser favorit.*Fajar Arianto

Related Posts