• Jumat , 17 Agustus 2018

DOLBY ATMOS DENGAN ELAC

TEKNOLOGI DOLBY ATMOS SUDAH MULAI DIADOPSI OLEH PABRIKAN AV RECEIVER AMPLIFIER SEJAK 5 TAHUN SILAM NAMUN PERKEMBANGANNYA AGAK TERSENDAT TIDAK SECEPAT PENERIMAAN WARGA PENYUKA HOME THEATER TERHADAP DOLBY 5.1.

Teknologi Dolby Atmos sudah mulai diadopsi oleh pabrikan AV Receiver Amplifier sejak 5 tahun silam namun perkembangannya agak tersendat tidak secepat penerimaan warga penyuka home theater terhadap Dolby 5.1. Dikarenakan Dolby Atmos membutuhkan loudspeaker ceiling (langit langit) yang selain sulit pemasangannya juga tidak cantik di mata kaum ibu rumah. Diprediksi penjualan Receiver Dolby Atmos tidak sebagus penjualan Receiver Dolby lainnya. Hal ini disadari oleh pabrikan loudspeaker ELAC asal Jerman bahwa harus ada terobosan baru guna menunjang Cinema Atmos. Maka segera dirancang loudspeaker atas khusus Atmos, tapi tidak perlu dipasang pada langit langit yang diberi nama model ELAC A4.

Loudspeaker ELAC A4 ditujukan sebagai pengisi medan suara yang berasal dari ceiling . Sesungguhnya ELAC A4 tidak secara nyata dipasang di ceiling, tetapi dipasang di atas loudspeaker standing floor ELAC F5 atau di atas loudspeaker surround ELAC B5. Sudut tembak suara A4 menyudut dan mengarah ke atas (lihat foto) sehingga terjadi pantulan dari ceiling ke pendengar, diharapkan efeknya sama seperti berasal dari loudspeaker ceiling sesungguhnya.

Secara keseluruhan terpasang Pioneer SC-LX78 adalah receiver 9.2 kanal, amplifier kelas D, dilengkapi dengan Air Studio, Dolby Atmos. Ultra HD (4K /60p / 4:4:4 / 24 bits) dengan DAC processor SABRE Ultra DAC.

  • Receiver : Pioneer SC-LX
  • 78Blu-Ray : Pioneer BDP-88Loudspeake
  • r Utama : ELAC F-5 (2 pcs)Loudspeake
  • r Center : ELAC C-5 (1 pc)Loudspeaker S
  • urround : ELAC B-5 (2 pcs)Sub-woofer
  • Aktif : ELAC S-10 (2 pcs)Loudspeake
  • r Atmos : ELAC A-4 (4 pcs)

Pioneer BDB-88 adalah Blu-ray 3D, casisnya berat dan stabil hingga kebal dari gangguan jitter mekanis Ultra HD (4K/60p/ 4:4:4 / 24 bits) upscalling dual HDI. Keduanya pasangan sangat matching antara BDB-88 dan receiver SC-LX78. Kami putar film Blu-ray Dolby Atmos; Homeland, Popstar dan Blood Chocolate.

Kami simak efek medan suara atas tersimak dengan SPL lumayan kuat namun kurang jelas berasal dari atas melainkan dari loudspeaker bagian atas. Barangkali kami mengujinya di ruang yang relatip kecil – pada ruang yang lebih besar kami kira hasilnya lebih baik mengingat pantulan dari ceiling terlempar lebih jauh melewati kepala pendengarnya jika ruangan terlalu sempit. Narasi sangat jelas artikulasinya, suara gemuruh terdengar eksis. Untuk album musik Dolby Atmos dipakai untuk suara aplaus (tepuk tangan) yang berasal dari balcony. Mengingat cukup kuat SPL nya maka kalau diset-up di ruang lebih besar pasti medan suaranya lebih baik lagi. Kami yakin itu. *Tjandra Ghozalli

Related Posts