• Rabu , 25 April 2018

MENGENAL TECHNOLOGY TRANSACOUSTIC DARI YAMAHA

PERUSAHAAN YANG SATU INI SEPERTI TIDAK PERNAH BERHENTI MENEMUKAN HAL BARU DI BIDANG INSTRUMENT MUSIK. PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI YANG KINI BEGITU PESAT DI BERBAGAI BIDANG MEMBUAT YAMAHA SEMAKIN MENUNJUKKAN MEREKA SIAP MENGIKUTI TREND YANG DAPAT BERUBAH SETIAP SAAT MENGIKUTI PERGESERAN DINAMIS DARI MUSISI.

Pada awalnya tekhnologi transacoustic di peruntukkan untuk piano. Sebuah tekhnologi yang mengkombinasikan sound real akustik dengan digital menggunakan tranduser yang memiliki variable sound serta volume control. Namun, kini Yamaha telah mengembangkan tekhnologi tersebut untuk gitar. Konsep ide memberikan efek di akustik gitar sebenarnya bukanlah hal baru. Pada tahun 1902 Virzi Tone Producer mempergunakannya di beberapa seri Gibson gitar dan mandolin.

Lalu juga ada gitar akustik yang di sebut resonator. Namun gitar akustik modern yang di lengkapi transacoustic barulah pertama kali di perkenalkan oleh Yamaha. Penerapan teknologi di piano dan gitar tersebut menawarkan pengalaman baru bagi musisi ketika memainkan musik.

PRINSIP KERJA TRANSACOUSTIC

Pada piano, prinsip kerja transacoustic berupa tone generator akan mengirimkan sinyal audio ke tranduser yang di hubungkan oleh magnet koil ke soundboard.Getaran dari soundboard akan membuat magnet koil tersebut bergerak dan menghasilkan sound ke loudspeaker yang tetap natural.

Berbeda dengan gitar, Yamaha meletakkan actuator di belakang dalam chamber gitar Ketika memetik senar, getaran dari senar akan menyebabkan actuator bergetar. Dari getaran resonansi kayu yang membawa hempasan udara tersebutlah akan menghasilkan sound berupa reverb dan chorus pada internal loudspeaker di dalam body gitar.

KELEBIHAN TRANSACOUSTIC

  • Memberikan pengalaman akustik yang menarik dari sound dengan resonansi yang lebih lebar.
  • Kualitas 3D sound projection yang real dan natural.
  • Adanya pilihan sound dan efek internal yang lebih fleksibel.
  • Dapat di mainkan tanpa menggunakan external ampli atau efek yang bisa menghemat tempat.
  • Penggabungan dual-layer sound antara suara real akustik dengan sound digital internalnya secara langsung akan menghasilkan sound yang luar biasa dan memberikan inspiratif. *RESSA SM

Related Posts