• Selasa , 25 September 2018

ERNIE BALL MUSIC MAN VALENTINE

GITAR SIGNATURE SERIES SELALU PUNYA SEGMENTASI PASAR TERSENDIRI. SELAIN MENJADI KEBANGGAAN BAGI GITARIS YANG MEMBUATNYA, USER YANG MENGGUNAKAN JUGA MEMPUNYAI ALASAN TERSENDIRI UNTUK MEMILIKI GITAR TERSEBUT.

 

Ada 3 hal yang di cari oleh pegguna signature series. Pertama sound, setidaknya memenuhi kebutuhan terhadap musik yang di mainkan. Dua playbility, tingkat kenyamanan juga menjadi penting karena beberapa gitaris membuat signature mereka sedikit berbeda demi kenyamanan tersendiri. Ketiga adalah prestige. Itu juga berpengaruh karena lebih ke perasaan bangga dan prestisius mempunyai gitar signature series dari musisi yang di kagumi. Untuk itu tidak sedikit produsen gitar berkolaborasi dengan musisi berlomba- lomba membuat gitar signaturenya. Termasuk Ernie Ball Music Man, produsen gitar asal Amerika Serikat ini bersama gitaris Maroon 5 James Valentine merilis gitar signature pertamanya pada Juni 2016 lalu. Music Man yang mempunyai segudang pengalaman lebih dari 40 tahun dalam membuat signature gitar mewujudkannya ke dalam seri Valentine.

KONSTRUKSI SERTA DESAIN

Bentuk body shape di gitar ini cukup unik, perpaduan antara gibson 335 dan telecaster. Body shape atas yang lebih tipis daripada bagian bawahnya membuat gitar ini lebih kompak dan nyaman ketika di mainkan saat posisi duduk maupun berdiri. Feel yang ringan dan ramping khas body telecaster ada pada gitar ini. Material utama kayu ash merupakan pilihan James Valentine. Pori-pori yang rapat dari kayu akan membuat gitar ini lebih bright. Apalagi neck gitar ini menggunakan roasted maple. Semakin memantapkan bahwa gitar ini berkarakter bright. Untuk menggabungkan neck dan body tersebut, Ernie Ball Music Man menggunakan konstruksi 5 bolt on yang asymmetrica dengan body-end truss adjustment.

Bagusnya pada neck joint tersebut, pabrikan ini memberikan sedikit curve untuk memudahkan gitaris menjangkau notasi tertinggi pada ke 22 Fret medium highnya. Finishing high gloss polyester pada body berwarna trans butter milk berpadu warna chrome hardware serta barrel style jack socket sampai pickguard shell tortoise, di tambah neck juga headstock berwarna natural dengan desain 4+2 khas musicman di finishing gunstock oil hand-rubbed special wax blend memperkuat aksen modern vibe yang eye catching pada gitar ini.

PLAYBILITY

Jika kita perhatikan detail pada bridge, desain Music Man modern hardtail vintage bent steel saddles sangatlah unik. Bentuk bridge di bagian belakangnya tertutup cover, namun di depannya ada 6 buah saddles. Konstruksi dan desain bridge thru body menjadi nilai plus dari gitar ini yang memberikan keuntungan sustain yang panjang dan sangat baik untuk palm muting. Tonal quality dengan attack dan punch yang baik di topang locking tuning machine schaller M6-IND membuat tensi senar yang tidak terlalu tinggi tetap stabil dan tune in saat melakukan hammer-on atau bend pull-off dengan ekspresif.

Related Posts