• Kamis , 19 Juli 2018

JTS TM 929 MIKROFON DYNAMIC

SETELAH REVIEW JTS TM 989 PADA EDISI LALU, DISTRIBUTOR MIKROFON JTS UNTUK INDONESIA, PT. MUTIARA MUSIK CAKRAWALA JUGA MENGIRIMKAN SERI TM 929 MIKROFON JENIS DYNAMIC KE REDAKSI MAJALAH AUDIOPRO.

Mikrofon untuk vokal JTS TM 929 ini dirancang untuk kebutuhan panggung (live performance), pidato (MC, presentasi), karaoke, studio latihan, hingga studio rekaman pribadi (home recording) dengan harga di kelas entry level, cukup terjangkau. Mikrofon dynamic dengan polar pattern cardioid dan respon frekuensi 50 Hz – 15 kHz memiliki kualitas audio berkelas profesional. TM 929 memiliki karakteristik capture (tangkapan) suara yang berbeda dengan seri TM 989.

Karakter tangkapan suara pada seri TM 989 cenderung flat sehingga bias dimanfaatkan sebagai mikrofon vokal dan instrumen (miking kabinet gitar). Sedangkan, JTS TM 929 memiliki karakter suara dengan sound bass agak menonjol. Saat uji rekam vokal pria, terdengar bidang frekuensi low-mid cukup hangat, tak aneh rasanya jika mikrofon ini sangat ideal digunakan untuk aplikasi pidato, presentasi, atau MC. Karakter vokal terdengar lebih berwibawa berkat frekuensi bass yang kentara ketika direpro dari loudspeaker.

Umumnya, karakter suara yang tegas dan berwibawa banyak disukai oleh pembicara (pidato) maupun kebutuhan MC. Namun demikian, JTS TM 929 tidak saja cocok untuk sumber suara pria, Anda dapat memanfaatkan frekuensi rendah dari mikrofon ini untuk sumber suara wanita yang cenderung dominan pada frekuensi menengah hingga tinggi sehingga menjadi tonal seimbang serta memiliki karakter suara wanita yang lebih tegas tanpa melakukan sentuhan EQ.

Mikrofon JTS TM 929 sudah dirancang sesuai aplikasi pidato (presentasi, MC) tanpa memerlukan EQ atau boleh disebut sound vokal yang matang. Selain itu, kuatnya karakter sound vokal yang matang ini, sangat memungkinkan TM 929 dimanfaatkan dalam aplikasi karaoke. Aplikasi lainnya, Anda dapat memanfaatkan JTS TM929 untuk kebutuhan studio latihan (rehearsal). Proses uji coba kedua, kami mengcapture sumber suara pink noise (tone generator) yang direkam ke dalam DAW. Dari uji coba ini, kami mendapati gain input dari mikrofon TM 929 cukup besar dan solid. Gain input dari TM 929 lebih besar dibanding seri TM 989. Artinya, kita akan mendapati sinyal input vokal yang optimal.

Related Posts