• Kamis , 19 Juli 2018

IDPFEST KE-3 SIAP DIGELAR DI JAKARTA

Festival drum dan perkusi tingkat nasional kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, gelaran yang banyak meilbatkan beragam kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 29 Maret – 1 April 2018.  

 

Konon IDPFEST ketiga ini memiliki agenda yang lebih banyak dari IDPFEST tahun lalu, termasuk luasan area yang dipergunakan. Tahun ini, IDPFEST akan diadakan di Teater Besar, Teater Kecil dan Plaza/Lobby Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, “ Belajar dari tahun lalu, ternyata kita membutuhkan ruang yang lebih besar,” ujar Ekki Soekarno penggagas dan ketua IDP Indonesia saat melakukan konferensi Pers di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Selain kompetisi drum dan perkusi, IDPFEST juga akan menampilkan pameran drum dan perkusi, talkshow, pentas musisi, pentas penampilan sekolah musik, penampilan IDP daerah, seminar, lelang dan lain-lain. IDPFEST juga akan kedatangan group IDP dari luar negeri yakni Malaysia, selain dari musisi nasional Banten Assamble Percussion.  Yang menarik, IDPFEST konsisten memberikan penghargaan berupa IDP legend kepada musisi-musisi senior yang berjasa mengembangkan alat musik perkusi dan drum di tanah air.

Jika tahun lalu IDPFEST menyerahkan IDP Legend  kepada musisi tahun 70-an, kali ini IDPFEST menyerahkan penghargaan tersebut kepada musisi yang mulai berkarir di era 50-70an, sebut saja: M. Sani, Isa Tartusi, Gatot Sunyoto, Joni Suwadi dan lain-lain, “ Ini adalah bentuk penghormatan kami kepada beliau-beliau yang telah berkecimpung di dunia drum dan perkusi…” tambah Ekki yang juga merupakan seorang drummer.

Gelaran yang mendapat dukungan penuh dari BEKRAF ini diharapkan menjadi kerja nyata dari sebuah wadah dari perkumpulan dan komunitas pemain drum dan perkusi di tanah air, untuk mendapatkan bibit pemain perkusi yang andal, melestarikan budaya perkusi indonesia sekaligus menjadi media untuk melengkapi data tentang sejarah dan beragam perkusi di tanah air dari Sabang sampai Merauke.

Related Posts