• Rabu , 23 Mei 2018

ITALIANO BAMBINO

ITALIA TERKENAL DENGAN KERAJINAN FURNITURE DAN INTERIOR YANG TERBUAT DARI KAYU. INGAT DA VINCI? PERUSAHAAN PEMBUAT FURNITURE RUMAH TANGGA YANG BERCITRA TINGGI. PENGERJAAN KAYUNYA SUNGGUH RAPIH DAN MENAWAN.

 

Setiap bagian yang memerlukan sentuhan seni dan detil akan dikerjakan secara rinci. Barangkali inilah yang menyebabkan kalangan audiophile menyukai loudspeaker produk Italia sebab selain finishingnya indah juga reproduksi suaranya sweet musical. Cocok untuk memainkan lagu “O Mio Babbino Caro”, lagu opera merdu yang disenandungkan oleh Ann Mette Elten membuat para wanita basah matanya. Berikut ini sederet perangkat yang dipakai untuk tata suara ruangan seukuran 24 atau 30 meter persegi.

  • Loudspeaker : Opera Prima
  • Int. Amplifier (tube) : Unison Triode 25
  • CD Player : Unison CD Due

Loudspeaker Opera Prima berbentuk kompak, dua jalur dengan woofer 7” buatan Scanspeak dengan membran terbuat dari bahan aluminum dan tweeter kubah 1”. Digunakan cross over 12 dB/oct untuk low pass dan high pass dengan frekuensi potong 2 kHz. Daya asupan minimal 10 Watts dan nominal 70 Watts. Kepekaan 91 dB/W/m dengan nominal impedansi 4 Ohm. Integrated amplifier Unison Triode 25 berdaya sembur 45 Watts / kanal memakai sistem pentoda dan 25 Watts / kanal memakai sistem trioda dengan teknologi push pull.

Memakai tabung 2 x ECC83 (12AX7), 1 x ECC82 (12AU7), dan 4 x EL34 (6CA7). Daya serap listrik 300 Watts (max). Sumber sinyal Unison CD Due memiliki masukan 1 x USB 2.0 , 1 x S/PDIF, 1 x AES/EBU , 1 x Toslink , dan 1 x Blutooth dengan beragam frekuensi sampling mulai 44.1 kHz hingga 384 kHz DSD 64 hingga DSD 128. Resolusi mulai 16 hingga 32 bit. Keluaran terdiri dari 1 x S/PDIF, 1 x AES/EBU dan 1 x Toslink. Sepertinya Unison CD Due sanggup memainkan segala jenis format media audio yang ada saat ini.

 

Ketika perangkat sudah hangat maka dimulailah uji dengar dengan memakai album SACD “Oh Mio Babbino Caro” yang dibawakan oleh Ann Mette Elten. Ini lagu opera Italia yang menggambarkan hubungan romantis sepasang muda mudi yang ditentang oleh ayah si wanita. Akhirnya si wanita nekad menyusul sang pacar ke pelabuhan untuk melarikan diri ke negeri antah berantah. Iramanya melankolis, yang menyebabkan banyak wanita berlinang air mata ketika menyimaknya. Reproduksi suara perangkat ini sweet, musikal dan detil. Menyimak suara loudspeaker Opera Prima dapat berlangsung lama tanpa didera ears fatigue atau telinga pegal. Saya senang menyimak karakter suara racikan Opera – Unison ini dengan volume tidak terlalu kuat. Vokal wanita sangat lantang penuh timbre, sementara musik pengiring menyelubunginya dengan nuansa Italia tempo doeloe. Sungguh saya menyukai sistem perangkat ini untuk menyimak musik romantic di malam hari.

Related Posts