• Rabu , 24 Oktober 2018

MC INTOSH, FOSSIL HIDUP DUNIA HIFI

DUNIA AUDIO FIDELITY (BIASA DISEBUT HI-FI ATAU HIGH FIDELITY) TERCIPTA PADA PERTENGAHAN DEKADE 50 AN KETIKA RCA MENEMUKAN PIRINGAN HITAM STEREO DENGAN STANDARD RIAA.

 

Ketika itu dunia baru “melek” akan teknologi audio, baru tahu bagaimana suara atau bunyi 20 Hz, 12 kHz bahkan 20 kHz hasil reproduksi tranducer yang dinamakan cartridge dan loudspeaker. Ketika itu para ilmuwan anthusias mensurvei spesifikasi audio, apa itu tanggapan frekuensi audible, apa itu phase correlation, apa itu S/N dan segudang parameter lainnya. Ibarat anak balita yang baru “melek” dunia kehidupan yang dengan anthusias lari sana lari sini mensurvei apa itu panas – dingin, apa itu warna, apa itu harum – bau, apa itu suara. Begitu banyak parameter yang dipelajari oleh seorang anak balita. Hal yang sama terjadi pada dunia audio, boleh dibilang mulai dekade 50 an hingga 90 an – dunia audio disurvei abis abisan. Mereka berlomba mematenkan penemuan teorinya di AES (Audio Engineering Society) yang saban tahun mengadakan convention seminar di berbagai tempat (negara).

Nah ketika dunia audio hi-fi lahir di pertengahan dekade 50 an, maka Mc Intosh juga lahir. Boleh dibilang Mc Intosh adalah “fossil” hidup yang mengalami perkembangan mulai jadi amuba, dinosaurus sampai binatang modern. Ketika yang lain bahkan belum jadi sperma seucrit sekalipun, Mc Intosh sudah promosi besar besaran di majalah Hi-Fidelity System yang terbit di Amerika Serikat di zaman kuda gigit vacuum tube. Belum lama ini kami menguji racikan tata suara Mc Intosh yang terdiri dari:

  • CD Player : Mc Intosh MCD 350
  • Pre amp : Mc Intosh C1100 (controller + gain tube)
  • Power amp : Mc Intosh MC 601
  • Loudspeaker : Sonus Faber Serafino
  • Perkabelan : Audience

CD Player MCD 350 tersusun atas balance amplifier, dalam rangkaiannya ada dua pre amp inkrimental yg identik. Pemutar ini kompatibel CD dan SACD dengan DAC berkapasitas hingga 32 bit 192 kHz. Keluaran audio dalam format RCA dan Balance. Menggunakan dua jenis laser dalam satu kemasan dan satu lensa khusus untuk CD dan SACD. Pre amp C1100 tersusun atas dua casis, satu untuk urusan audio berpenguat vacuum tube dan satu lagi untuk urusan kontrol pengaturan digital. Power amp MC 601 berdaya keluaran 600 Watts per kanal . Bekerja dengan sistem Quad Balance Amplifier sehingga nilai gangguan desah sangat kecil. Power amp ini full solid state. Loudspeaker Sonus Faber Serafino berjalur 3,5 way. Kakinya dilengkapi dengan “Zero Vibration” mencegah getaran speaker menjalar ke lantai atau sebaliknya. Tweeter kubah sutra 28 mm, midrange 150 mm bermagnet Neodymium dan 2 woofer 180 mm. Titik potong frekuensi 80 Hz, 250 Hz dan 2500 Hz. Agaknya racikan ini dipilih yang terbaik.

UJI DENGAR

Memakai album Caroll Kids (female singer) kami menguji dengar sistem Mc Intosh – Sonus Faber. Untuk vokal Caroll tersimak detil nyata bahkan ada hawa emosinya. Jadi tak benar kalau cuma power amp tabung yang bisa demikian. Reproduksi bass punya detil walau punch nya juga mantap. Biasanya terjadi suatu dilema, kalau pukulan bass mantap umumnya detil berkurang tapi racikan ini sanggup menyajikan keduanya tanpa saling mengorbankan. Sapuan cymbal terasa crash nya tetapi berbuntut panjang dan airy. Ini pun sering dilema karena bila ingin menonjolkan crash maka biasanya buntutnya pendek, tidak airy. Berkat kerja sama yang match antara perangkat elektronik Mc Intosh dan loudspeaker Sonus Faber Serafino mampu mempersembahkan reproduksi musik yang apik dan penuh detil tidak terjadi efek saling menutupi. Kami rasa tata suara ini salah satu perangkat solid state yang bagus dari sekian banyak pilihan.

Related Posts