• Minggu , 23 September 2018

SENNHEISER E6019 MIKROFON INSTRUMEN

Sennheiser meluncurkan produk mikrofon instrumen jenis dynamic. Adalah seri E609 sebuah mikrofon instrumen buatan Jerma digunakan untuk mengcapture sound gitar/bass.

 

Sennheiser e609 bisa dijadikan salah satu alternatif mikrofon instrumen yang dapat kita pilih untuk aplikasi studio maupun onstage. Bentuk e609 sangat kompak dan ringan namun mampu mengcapture sound secara detail dan jernih. Bodi mikrofon yang terbuat dari bahan metal mampu melindungi komponen tranduser di dalamnya relatif aman. Akan tetapi Sennheiser e609 dengan respon frekuensi 40 Hertz sampai dengan 20 kiloHertz dapat pula dimanfaatkan sebagai mikrofon vokal.

REKAM GITAR

Uji coba Sennheiser e609 dilakukan di studio A-Pro yang kami manfaatkan untuk merekam instrumen gitar elektrik ke DAW Cubase. Proses rekaman menggunakan amplifier Fender Twin Reverb dan instrumen gitar Fender Stratocaster dan Ibanez George Bensson. Kedua gitar ini memiliki karakter sound yang sangat berbeda meskipun pada saat rekaman dari kedua gitar ini, kami memainkan sound clean (kombinasi arpeggio dan strumming). Sennheiser e609 mampu mengacapture sumber suara dari kedua gitar ini sangat transparan. Karakter sound Ibanez George Benson yang memiliki karakter warm di area ferkuensi tengah sangat terasa. Sedangkan karakter suara dari gitar Fender Stratocaster yang yang sparkle pada frekuensi tinggi cukup tegas namun tetap nyaman terdengar. Mikrofon yang transparan ini sangat dibutuhkan sehingga musisi atau sound engineer dapat mendengar sangat jelas perbedaan karakter sound dari setiap instrumen gitar yang hendak direkam.

Pada saat rekaman, seting level dari amplifier gitar relatif besar sesuai kebutuhan. Level gitar yang kami dengar dari speaker monitor optimal tanpa distorsi. Karakter sound yang clear dan sangat fokus memperkuat dua buah track gitar (dari dua buah gitar yang berlainan) yang kami miliki. Detail suara yang berhasil dicapture sangat baik oleh Sennheiser e609 mampu menangkap efek reverb dari ampli Fender Twin Reverb terdengar presisi. Secara keseluruhan Sennheiser yang berpolar pattern supercardioid menjadi salah satu pilihan mikrofon untuk instrumen yang baik untuk keperluan rekaman mapun panggung. Karena mikrofon ini memiliki performa capture sumber suara yang bagus dan memuaskan.

Related Posts