• Senin , 18 Juni 2018

CORT M600 BRIGHT BLUE

Cort yang pada awal didirikan (1973) membuat gitar untuk perusahaan-perusahaan manufaktur instrumen-musik besar lainnya, dalam beberapa tahun terakhir ini telah bergeser untuk fokus memproduksi brand-nya sendiri. Satu lagi lineup produk dari Keluarga M Series milik Cort, yaitu Cort M600 yang hadir dengan model double cutaway berwarna bright blue.

 

DESAIN & KONSTRUKSI

Material body Cort M600 menggunakan mahogany dan flamed mapple top yang ditambah cream body binding dengan neck mahogany yang dilapisi fretboard rosewood, serta real MOP dot Inlays dengan bentuk headstock-nya yang eyes cathing. Finishing-nya yang glossy semakin membuat gitar ber-body double cutaway ini tampak begitu stylish dan elegan. Ketika digunakan saat berdiri menggunakan strap maupun duduk, konstruksi set-in neck untuk menyatukan body 1-piece dan neck 2-pieces mahogany-nya menambah kokoh penampilan dari gitar ini. Gitar terbaru dari Cort ini membenamkan hardware berwarna silver untuk tailpiece, tuning machine dan pickup-nya, serta warna gold pada knop volume maupun tone-nya. Sementara itu warna gading pada binding, frame pickup sampai switch tip-nya menjadikan warna gitar ini terlihat lebih fresh.

PLAYABILITY

Body double cut away yang di gabung dengan set-in neck menjadi kombinasi playbility yang baik. Walaupun balance sedikit agak lebih berat di 22 large fret Neck C-shape pada set-necknya, selain membuat konstruksi gitar ini terlihat kokoh, konstruksi gitar berneck set-in ini juga dapat menghasilkan sustain yang baik sehingga secara keseluruhan feel playbility dari gitar ini terasa nyaman. Terdapatnya lekukan body-rest dengan scale 24 ¾ membuat gitar ini terasa baik saat dimainkan single not maupun power chord di atas neck mahogany dengan fretboard rosewood. Dengan ukuran tensi gauge standard yang terasa pas pada gitar ini, saat mem-bending senar D’addario EXL110 (046-010) secara ekstrem, tuning senar yang didukung dengan tonepros lic bridge tailpiece, serta graph tech nubone nut-nya tetap stabil dan presisi, serta terasa cukup smooth ketika mem-bending notasi penuh.

SOUND

Konfigurasi pickup pasif humbucker dengan penempatan dua buah Duncan Designed HB-102 pada neck dan bridge-nya ditambah pickup switch 3-way dengan split coil-tap-nya membuat genre gitar ini lebih tergolong untuk memainkan musik all around. Ketika menggunakan amplifier Vox AV15 untuk memainkan gitar ini dengan setting flat untuk sound clean dengan posisi switch pada pickup neck coiltap tone push humbucker-nya, gitar ini mampu merepro sound clean dengan mid range yang fat dan woody. Pada saat posisi switch di tengah, dengan sedikit setting-an yang tepat bisa diperoleh karakter suara yang bright. Sementara ketika posisi switch berada di bridge, sound midrange dengan treble yang clear dapat terdengar. Saat mencoba posisi switch pada pickup neck coiltap tone push single coil, sound gitar ini mampu mendekati tone twangky ciri khas pickup single coil yang sangat cocok untuk memainkan Scale Bluesy maupun Jazzy.

 

Saat menggunakan efek distorsi built-in dari ampli dengan preset crunch1 yang pada dasarnya diambil dari sound VOX AC15 Preamp Tube EF86, dengan split coil yang masih aktif yakni knop gain dinaikkan pada posisi jam 2, knop treble pada jam 1 dan bass pada jam 12, dapat dihasilkan tone crunch yang sangat agresif. Sementara saat menutup sedikit knop volume, dinamika untuk mendapatkan tone clean yang dirt dapat dihasilkan oleh gitar ini.
Saat menonaktifkan split coil untuk mengaktifkan full pickup humbucker, sound dari pickup neck terasa rounded dan sangat memungkinkan untuk digunakan saat shredding maupun memainkan lead solo dengan sustain dari set-neck yang cukup mumpuni. Sementara pada pickup bridge terdengar tone yang tight dengan bass yang cukup deep.

OVERALL & IMPRESSION

Finishing dengan model double cutaway berwarna biru yang elegan membuat gitar ini cukup stylish untuk dibawa ke atas panggung. Sisi playability Cort M600 ini terbilang cukup memuaskan pada set-in neck-nya yang ditambah adanya pull-push coil tap dan mampu menghasilkan sound dengan tone cukup baik. Gitar made in Indonesia dengan harga yang terjangkau ini cukup baik dalam memainkan berbagai macam genre musik.

Related Posts