• Rabu , 12 Desember 2018

IBANEZ SR5006 6-STRING BASS

SR5006 INI MERUPAKAN BASS IBANEZ 6-STRING YANG DIPRODUKSI DI JEPANG. BASS INI DIDUKUNG DENGAN SPESIFIKASI YANG MENAWAN. PENGGUNAAN BARTOLIN PICKUP DAN 3-BAND EQ, YANG TIDAK HANYA MAMPU MENGHASILKAN KARAKTER SOUND YANG WARM DAN POWERFUL, TAPI BISA MENGHASILKAN SOUND YANG LEBAR. APALAGI DENGAN PLAYABILITY YANG MENDUKUNG, MEMBUAT BASS INI SANGAT NYAMAN DIGUNAKAN UNTUK EKSPLORASI.

 

SR series adalah salah satu produk unggulan dari brand Ibanez. Kesuksesan Produk bass seri ini bahkan banyak  diadaptasi oleh brand lain. Tidak mengherankan jika produk bass SR series ini cukup diminati di pasar internasional. SR series sendiri diproduksi cukup lengkap. Dengan berbagai tipe dan kebutuhan, termasuk disesuaikan dengan kelas penggunanya. Kali ini, studio AudioPro kedatangan salah satu produk istimewa, yaitu bass SR5006, yang diproduksi di Jepang, yang termasuk SR Prestige Series Lineup.

KONSTRUKSI KOKOH

Merupakan produk Prestige Series lineup, tentunya bass ini tampil cukup spesial. Ada 3 hal istimewa pada produk ini, dari sisi desain dan inovasi. Pertama, konsep Mono-Rail IV bridge dengan dilengkapi locking sadle. Desain ini memiliki banyak kegunaan, kokoh dan fungsi utamanya adalah menjaga stabilitas string. Secepat atau seekstrem apapun Anda memainkan bass ini, string akan tetap stabil, sound juga akan tetap keluar original dan bersih. Kedua adalah menggunakan Precision-made dengan tonewoods yang maksimal. Untuk itu produk ini menggunakan mahogany body untuk low-end impact dan rich sustain. Termasuk penggunaan 5-piece wenge/bubinga through neck dengan KTS Titanium rods. Tidak hanya tampil kokoh dan kuat, tetapi juga mampu menghasilkan tonal clarity dan super note attack.

Keunggulan yang terakhir, yaitu menggunakan Bartolini pickups serta 3-band EQ, yang tentunya berfungsi memaksimalkan sound, yang akan kami bahas di bab selanjutnya. Desain unggulan lainnya adalah penggunaan Graph Tech Blac Tusq XL yang mampu menjaga tune stabil serta sound dan sustain yang clear. Termasuk penggunaan Booth Machine Head, yang memiliki reputasi tidak hanya hadir dengan baja yang kokoh, akan tetapi juga menjaga stabilitas tune. Dengan konsep ini, cukup membuktikan bahwa bass ini sudah siap dijadikan senjata perang dalam kondisi ekstrem sekali pun. Penampilan yang lux, paduan dari hardware yang futuristik dan pilihan warna kayu yang eksotik, menambah keelokan bass ini dilihat ketika di panggung.

STUDIO REVIEW

Menguji produk ini seperti memuaskan rasa penasaran. Kami memasangkan produk ini dengan produk universal amps combo. Tentu saja dengan men-setup flat pada seluruh knop di ampli. Kecuali pada master volume dan gain yang disesuaikan. Sedangkan equalisasi pada bass juga disesuaikan dengan kebutuhan. Pertama kali yang dirasakan produk ini adalah playability yang sangat menunjang. Walaupun memiliki neck lebar (6 string) bass ini cenderung tidak terlalu berat. Posisi string yang menempel dinamis pada body dan neck juga turut menunjang. Melakukan pengulikan juga terasa cukup mudah, dengan aksebilitas yang baik. Produk bass ini akan sangat menunjang, tidak hanya jika dimainkan dalam kondisi ekstrem, tetapi juga tetap enak dan stabil dalam waktu lama.

 

Karakter sound adalah hal penting yang juga menjadi selling point produk ini. Penggunaan Bartolini pickup dan karakter kayu Mahogany menghasilkan sound yang warmth, dengan low impact, punch, detail, dan energik. Bass ini juga menghasilkan sound yang panjang, kuat, dan maksimal. Hal inilah karakter utama dari produk bass SR5006 ini. Akan tetapi, bass ini memang didesain untuk menghasilkan karakter sound yang rich dan fleksibel untuk berbagai kebutuhan, untuk itulah kegunaan 3-band EQ pada produk ini.

Produk EQ ini juga dilengkapi dengan switching  passive. Hal ini juga untuk menambah aroma rasa yang lebih kaya yang lebar. Apapun jenis musik yang Anda mainkan, sepertinya bass ini sanggup menjawab tantangan tersebut. Pada ekualisasi yang gampang ini, bahkan Anda bisa mendapatkan karakter sound bright yang modern atau low-end yang lebar dengan karakter vintage. Cukup memainkan 3 knop equalisasi dan switching di sampingnya. Kemampuan equalisasi ini ditunjang dengan karakter pickup yang mampu menghadirkan dynamic range. Termasuk pilihan kayu yang juga menghasilkan suara yang low-end yang tegas. Untuk kalangan pemain bass profesional, fasilitas yang disediakan serta desain yang ditampilkan sudah cukup menjanjikan. Karakter sound low yang kuat, berkarakter lebar, kaya dan tetap stabil. Desain yang membuat playability yang nyaman, cukup enak dimainkan dalam waktu lama, dengan cara ekstrem sekalipun. Konstruksi yang kokoh, ditunjang dengan hardware berkualitas, serta finishing yang elok, menjadi selling point bass Ibanez SR5006. Review IBANEZ SR5006 6-STRING BASS di muat di Majalah Audiopro edisi 03 2017. Download Majalah Audiopro di aplikasi (Android/iOS) untuk baca artikel lain nya ya.

Related Posts