• Senin , 23 Juli 2018

MENGATUR SETTING AUDIO AVID SIBELIUS 8

SIBELIUS ADALAH SEBUAH SOFTWARE NOTATION ATAU PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENULIS SCORE/PARTITUR NOTASI BALOK. SIBELIUS SUDAH SEBAGAI STANDAR SOFTWARE PENULIS NOTASI BALOK DI DUNIA. SELAIN SIBELIUS, ADAPULA PERANGKAT LUNAK UNTUK MENULIS NOTASI BALOK LAIN SEPERTI FINALE, ENCORE, NOTION, DAN LAIN SEBAGAINYA. SAAT INI SIBELIUS KELUARAN AVID SUDAH SAMPAI PADA VERSI 8.5.

 

                           PENGATURAN MIDI DEVICES SIBELIUS

Sibelius sebagai sebuah perangkat lunak penulis notasi balok mempunyai koleksi suara standard General MIDI. Artinya, selama proses kreasi menggunakan Sibelius, pilihan setiap instrument yang akan Anda gunakan akan keluar suaranya berdasar suara standard General MIDI, dan juga dapat dilakukan export menjadi Standard MIDI Files (SMF) untuk memudahkan pertukaran data.

Selain itu, Sibelius juga mendukung sumber suara lain dalam dukungan AU dan VST. Beberapa pengaturan yang diperlukan untuk memasukkan suara AU atau VST dilakukan dari pengaturan Play. Pada Tap menu Play ini klik pada tombol Setup untuk membuka pengaturan Playback Device. Pada pengaturan standard nya, suara yang digunakan adalah General MIDI basic. Hal ini membuat pengaturan suara AU dan VST menjadi tidak berfungsi.

 

                                        MENU SETUP

Untuk menambahkan suara baru pada Sibelius dilakukan dengan cara:

  1. tekan New dan berikan nama VST yang akan dipakai.
  2. Setelah itu, pengaturan suara baru VST dan AU akan aktif.
  3. Pilih suara yang dikehendaki dan Activate.
  4. Kemudian tekan Close.

                PLAYBACK DEVICES SIBELIUS

Pengaturan lain yang penting disini adalah pengaturan Audio Engine. Dimana pengaturan Audio Engine pada Sibelius yang berjalan  pada sistem operasi MacOS ini tidak menyatu dengan pengaturan sistem suara pada MacOS. Pengaturan sistem suara pada MacOS dapat diakses melalui aplikasi Audio MIDI Setup. Pada pengaturan ini, pilihan soundcard yang akan digunakan diaktifkan dengan memilih  “use this device for sound output”. Selain itu terdapat satu pilihan lagi yaitu “play alerts and sound effect through this device”.

Disarankan untuk tidak meng aktifkan fungsi ini sehingga suara suara Dari dalam sistem MacOS akan keluar melalui speaker komputer / laptop saja. Silahkan download Majalah Audiopro edisi 01 2018 di aplikasi GRAMEDIA DIGITAL (Android/iOS) dan di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts

One Comment

  1. Firman
    28 Juni 2018 at 2:39 pm Balas

    Kak.. Kalo di pilihan configuration hanya ada general Midi tu gimana ya? Punyakubgg ada pilhan untuk Vst atau yang lain..