• Selasa , 25 September 2018

GITAR YAMAHA SERI FG YANG KINI BERUSIA LEBIH DARI 50 TAHUN

SEBAGAI ALAT MUSIK, GITAR MERUPAKAN INSTRUMENT YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN. ALASANNYA KARENA PENGGUNAANNYA YANG SIMPLE DAN MUDAH DIPELAJARI DIBANDINGKAN ALAT MUSIK LAIN. HINGGA SAAT INI GITAR SUDAH BANYAK BERKEMBANG DAN BANYAK PRODUSEN DENGAN BERBAGAI NAMA DI DUNIA MEMBUAT BERMACAM BENTUK SERTA TAMPILAN.

 

Lalu, siapa tak kenal produsen asal Jepang satu ini ? perusahaan yang memproduksi berbagai instrument musik hingga otomotif ini merupakan salah satu pabrikan alat musik tertua di dunia. Ya, mereka itu adalah Yamaha. Awalnya Yamaha adalah perusahaan yang memproduksi piano dan reed organ. Namun kini memproduksi berbagai macam instrument, seperti gitar, drum, bass, flute, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, gitar akutik Yamaha baik untuk varian nylon hingga steel string menjadi gitar favorit untuk para pemula baik di sekolah maupun tempat les gitar. Beberapa lineup gitar yang kini produksi di dalam negeri menjadikan harganya cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Dari bermacam gitar akutik Yamaha tersebut, salah satuya adalah seri FG. Tapi tahukah Anda, jika seri tersebut sudah berusia lebih dari 50 tahun ?

Untuk itu mari kita menengok sekilas sejarah perjalanan dari gitar FG series. Hal ini menarik karena sebagai pembelajar gitar, sebaiknya kita juga mengetahui sejarah gitar itu sendiri. Seperti halnya ada gitaris yang legendaris, demikian pula ada gitar yang legendaris seperti Yamaha FG series ini.

AWAL MULA SERI FG

Sekitar tahun 60an, musik Th Beatles telah mempengaruhi musik dan seluruh dunia mengalami demam Beatlemania. Dampaknya banyak peningkatan akan permintaan gitar untuk pasar domestik, namun tidak terjangkau oleh banyak konsumen. Karena saat itu di pasar instrument lebih banyak beredar gitar buatan dari Amerika saja dengan harga yang sangat tinggi. Karena hal tersebut, banyak para penjual gitar mulai mencari gitar dengan harga yang terjangkau untuk konsumen kelas menegah.

Dan bagi para produsen untuk menekan biaya produksi demi harga jual yang terjangkau, mereka juga mulai membuat gitar di Asia. Adanya fenomena itu memberikan keuntungan bagi Yamaha yang saat itu notabene produknya hanya di jual untuk wilayah Asia saja mulai merambah ke wilayah Eropa. Selanjutnya pada tahun 1966, Yamaha memperkenalkan seri FG pertama kalinya yaitu FG150 dan FG180. Gitar-gitar tersebut terjual dengan angka yang sangat mengesankan di Amerika Serikat. Silahkan download Majalah Audiopro edisi 01 2018 di aplikasi GRAMEDIA DIGITAL (Android/iOS) atau di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts