• Rabu , 19 Desember 2018

LEWITT LCT 240 PRO MIKROFON STUDIO

LEWITT LCT 240 PRO MIKROFON KONDENSER UNTUK PROYEK STUDIO REKAMAN (HOME RECORDING, MOBILE RECORDING, DAN STUDIO BESAR).

Kebutuhan capture suara berkelas pro aplikasi studio rumah (home recording) sangat diperlukan.Seperti merekam vokal, intrumen akustik, dan sumber suara lainnya dengan kualitas standar profesional bisa kita peroleh ketika membuat demo rekaman di rumah atau proyek album rekaman yang kita lanjutkan direkam di rumah. Mikrofon kondenser berpolar pattern cardioid LCT 240 Pro berwarna putih solid yang dikirim ke studio Audiopro diperkuat dengan diafragma besar berukuran 17 milimeter dapat dimanfaatkan untuk mengcapture sumber suara apapun yang memiliki SPL kecil hingga sedang.

Kontur LCT240 Pro yang relatif kecil yang memungkinkan bisa dimasukkan ke dalam back pack dan sangat leluasa kita kita melakukan mobile recording. LCT 240 tidak dilengkapi fitur High Pass Filter namun jika dilihat pada techgrap pada manualnya area frekuensi 50Hz pada posisi -4dB. Artinya, mikrofon ini sudah memotong area 100Hz ke bawah untuk meminimalisir back ground noise. Mikrofon Lewitt LCT 240 Pro cukup ideal mengacapture sumber suara vokal dan instrumen akustik (gitar akustik, alat musik gesek, dan alat musik tiup).

Dalam uji coba LCT 240 Pro kami memanfaatkan merekam vokal (pria) dan gitar akustik sebagai sumber suara. Pertama kali, kami memperhatikan gain structure yang dihasilkan oleh LCT 240 Pro baik dan memuaskan. Artinya, kami bisa memiliki headroom yang bersih (rendah noise) pada saat merekam pada posisi sekitar -18 dBFS hingga -12dBFS. Salah satu contoh untuk track vokal yang sudah kami rekam dengan level secukupnya seusai kebutuhan rekaman, selanjutnya kami angkat gain (level) dari compressor didapatkan track vokal yang bersih (noise rendah). Materi vokal yang kami rekam tetap terjaga dengan baik. Lewitt LCT 240 Pro memiliki karakter yang transparan, pada area frekuensi tinggi terasa sedikit lebih terangkat namun tidak menggangu kualitas sumber suara yang kami rekam secara keseluruhan.

Intinya, LCT 240 Pro mengcapture sumber suara dengan optimal dan tidak mengubah tone aslinya alias clear. Headroom vokal yang didapat ketika level sudah diangkat – tanpa noise – membuat kami mengolah track vocal untuk di-EQ (jika diperlukan) dengan leluasa. Keapikan LCT 240 Pro ini membuat kami tidak banyak melakukan EQ. Kami sangat puas dengan hasil rekam vokal dari LCT 240 Pro yang natural ini. Selanjutnya, kami memanfaatkan mikrofon yang memiliki dynamic range 123 dB untuk merekam gitar akustik. Pada sesi ini, kami bisa mendapati sound gitar secara keseluruhan dengan clarity yang sangat baik dan memuaskan.

Jika kami perhatikan lebih dalam, attack strumming gitar didapatkan sangat jelas. Transien mikrofon ini bekerja dengan baik. Sesi strumming gitar, area frekuensi tinggi yang smooth bahkan sanggup menonjolkan detail attack. Resonansi gitar yang ditimbulkan dari bodi gitar bisa tercapture sangat indah mensenyawakan frekuensi rendah hingga tinggi pada track gitar sangat natural. Dengan kata lain, tidak ada frekuensi yang berlebihan.

Lewitt LCT240 Pro memiliki performa yang sangat baik untuk proyek studio dalam aplikasi home recording maupun mobile recording. Karakter LCT 240 Pro yang transparan dan natural membantu Anda untuk mengolah data audio secara leluasa sesuai kebutuhan aransemen pada tahap proses mixing. Gain yang dihasilkan sangat baik dan yang paling penting rendah noise. Mikrofon ini dapat menangkap sumber suara cukup detail dan bisa dimanfaatkan dengan baik pada aplikasi rekaman di rumah.

Related Posts