• Minggu , 22 April 2018

WORLDE MINI CONTROLLER 25-KEY

HANGZHOU WORLDE MUSIC ELECTRONIC CO. LTD MERUPAKAN PRODUSEN DIGITAL PIANO ASAL CHINA YANG NAMANYA MASIH ASING DI INDONESIA.

Sebagai pendatang baru, kehadirannya membuat user memiliki lebih banyak pilihan untuk berbagai compact midi controller seperti yang masuk review Audiopro kali ini, yaitu Worlde Mini Controller 25-Key. Banyak berbagai pilihan 25 key Midi Controller di pasaran, tetapi hal terpenting ketika memilih 25 key Midi Controller adalah fitur dan portabilitas. Memang, controller jenis ini tidak di rancang untuk menggantikan keyboard berukuran penuh, namun tetap menawarkan kenyamanan dengan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk diintegrasikan dengan midi engine.

FITUR SERTA DESAIN

Worlde Mini Controller yang memerlukan daya dari USB ini dibekali dengan 25 mini keys velocity assignable, octave switching transpose, pitch serta modulation touch bar,pedal sustain input dan memiliki koneksi untuk Ipad. Material utama bahan plastic yang cukup kokoh dengan finishing warna putih serta solid wood handrails pada kedua sisinya sekilas membuat Worlde Mini ini terlihat seperti Arturia Mini Lab. Adanya 16 encoders serta 8 buah pad yang mempunyai 2 bank serta 8 user preset membuat user lebih leluasa ketika meg-assignable key sesuai kebutuhan.

TEST

Worlde Mini Controller ini tidak memerlukan driver saat Kami hubungkan ke windows 10 64 bit akan tetapi terdapat Worlde Mini –Software Editor yang memudahkan user untuk maping control parameter. Ketika Kami mencoba midi controller ini melalui Steinberg Cubase 9 menggunakan VSTi Kontak, ke 25 mini keysnya cukup nyaman di gunakan dengan velocity dan respon yang akurat. Kami rasakan knob parameter encoder yang cukup smooth saat di mapping untuk efek ataupun fillter.

Penempatan 16 encoders yang di bagi menjadi 4 set, secara control dan visual memudahkan user ketika mengedit parameter menjadikan point lebih dari Worlde Mini Controller. Konektifitas USB 2.0 dari controller ini mampu memberikan process yang realtime tanpa latency. Pitch shifter serta modulation touch stripnya pun cukup responsif. 8 buah pad dengan backlight berwarna merah memiliki velocity yang baik saat mencoba menggunakan VSTi EZ Drum. Ketukan perlahan dan keras sangat terasa perbedaannya saat memainkan jemari di atas pad tersebut.

OVERALL

Ukurannya yang compact serta bobotnya yang ringan membuat Worlde Mini Controller cocok untuk di gunakan untuk portable atau di dalam home studio. Walaupun bahan plastik paramater encoders terkesan ringkih, adanya 16 parameter encoders serta 8 pad dengan 2 bank pada Worlde Mini Controller memberikan control yang lebih leluasa untuk user. Dengan respon akurat dari 25 mini key velocity serta pitch shifter dan modulation touch stripnya yang responsif, Worlde Mini Controller dapat menjadi solusi untuk budgeting Midi Controller.

REVIEW WORLDE MINI CONTROLLER 25-KEY ini dimuat Majalah Audiopro edisi 06 2017. Download Majalah lain nya di aplikasi play store GRAMEDIA DIGITAL (android/iOS) untuk baca artikel-artikel lain nya.

Related Posts