• Rabu , 24 Oktober 2018

DRUMMER AJAIB DI MUSIK ANDA DENGAN LOGIC PRO X

PEMAIN DRUM DALAM SEBUAH KELOMPOK MUSIK BAND MENJADI SALAH SATU KOMPONEN PENTING SELAIN BASS, GITAR DAN KEYBOARD/PIANO. DRUM MEMBERIKAN WARNA RITMIS KHAS DALAM SEBUAH BAND DENGAN ALIRAN TERTENTU, BEAT TERTENTU, ATAU ARANSEMEN TERTENTU YANG UNIK.

 

Dalam proses aransemen atau komposisi musik yang dilakukan pada sebuah band dengan personel lengkap termasuk pemain drum di dalamnya, penggalian kreatif, membuat beat, dan merekam menjadi hal yang lebih menyenangkan dan cepat. Berbeda dengan proses aransemen yang dilakukan seorang musisi sendiri, drum merupakan komponen yang cukup menyita waktu mulai dari proses pencarian ide ritmis yang cocok, memasukkan kedalam software DAW baik dengan MIDI Controller atau mouse, melakukan pengaturan velocity dan quantize, membuat loop untuk bagian ritmis yang sama, dan balance/mix. Pada Logic X saat ini terdapat sebuah tipe trek Drummer.

Drummer memungkinkan Anda menambahkan pemain drum virtual ke dalam aransemen atau komposisi Anda, menggunakan trek Drummer. Anda bisa membuat trek Drummer sebanyak yang Anda suka dalam sebuah aransemen/komposisi, dalam sebuah file proyek yang sama. Trek Drummer ini seperti halnya trek MIDI dan Audio. Anda bisa memilih pemain drum dari genre yang berbeda antara lain: Rock, Alternative, Songwriter, R & B, Electronic, Hip Hop, dan Perkusi.

Setiap pemain drum dilengkapi dengan kit akustiknya sendiri (Rock, Alternative, Songwriter, R & B, Perkusi) atau drum kit elektronik (Electronic, Hip Hop) dan gaya bermain yang berbeda. Namun demikian, Anda sangat leluasa untuk melakukan perubahan kit drum nya, maupun melakukan penggantian dari masing masing jenis kick, snare, hi hat, crash, maupun ride pada Drum Kit Designer.

Pada tampilan Drum Kit Designer, terdapat berbagai macam pilihan jenis dan tipe instrument, Anda bisa melakukan audisi suara sebelum memilih penggantian instrument. Salah contoh pada instrument hi hat, terdapat pilihan Modern, Modern Bright, Vintage, Vintage Bright, Dry. Selain itu pengaturan lain seperti Tune, Damper dan Gain juga dapat diatur untuk setiap instrument nya. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 12 2017 atau download Majalah Audiopro di aplikasi SCOOP (Android/iOS) atau TB Gramedia Indonesia.

Related Posts