• Sabtu , 18 Agustus 2018

RCF AYRA 4

JIKA ANDA INGIN MERAKIT SETUP STUDIO REKAMAN DI RUMAH (HOME RECORDING) MAKA SALAH SATU KOMPONEN SISTEM MONITOR RCF AYRA 4 BISA DIJADIKAN SALAH SATU PILIHAN SPEAKER MONITOR STUDIO.

RCF Ayra yang memiliki spesifikasi kuat dan harga yang terjangkau akan kualitas reproduksi suara yang jujur dan nyaman didengar untuk kebutuhan tracking maupun pra mixing sebagai speaker monitor home recording. Kali ini speaker studio RCF yang dikirim studio Audiopro adalah seri Ayra 4 speaker aktif 2 way 35Watt (composite fiberglass woofer 4”) dan 20W (1” Dome tweeter) amplifier class AB. Jika kita lihat pada bagian belakang loudspeaker terdapat fasilitas High Frequency Trim yang terdiri dari -3dB, 0dB, dan +3dB.

Cukup menarik, adanya fitur HF Trim karena Anda dapat mengatur respon frekuensi tinggi sesuai kebutuhan, kita dapat memotong, flat, atau menambah frekuensi tinggi sebanyak 3dB. Kebutuhan ini untuk menyesuaikan ambien ruangan yang ada hingga sound engineer ataumusisi dapat memonitor lebih nyaman saat proses rekaman (tracking) atau mixing. Jika, Anda merasakan frekuensti tinggi kurang menonjol tinggal menambah (boost) dari HF Trim sebanyak +3dB atau sebalilknya.

Pada uji coba RCF Ayra 4 yang memiliki kontur kabinet moderen dengan woofer konus berwarna putih, kami set HF Trim pada posisi flat (0dB). Saat uji coba, kami memanfaatkan Ayra 4 untuk kebutuhan rekaman vokal dan gitar akustik. Kami mencermati, hasil rekaman vokal pria yang direpro oleh speaker yang memiliki respon frekuensi 60Hz sampai 20kHz cukup tanggap dimanfaatkan aplikasi home recording. Kami mendapati karakter sound yang transparan (apa adanya). Loudspeaker ini tergolong detail dan prisisi sebagai sistem monitor home recording. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 12 2017 atau download Majalah Audiopro di Aplikasi SCOOP (Android/iOS) dan TB Gramedia Indonesia.

Related Posts