• Sabtu , 20 Januari 2018

KOMUNITAS GITARIS TEMAN SEMUA “ADIEN FAZMAIL GITAR SEBAGAI PILIHAN HIDUP”

ADIEN FAZMAIL GITAR SEBAGAI PILIHAN HIDUP

Pria kelahiran 24 Agustus 1981 ini, mempunyai background bermain gitar elektrik. Dibesarkan dengan pengaruh musik seperti Queen dan Deep Purple yang ter-influenze oleh kerabatnya sendiri. Ia sempat mempelajari berbagai genre musik dari berbagai dunia hingga bertemu Deny Suhendra dan bergabung bersama Agam Hamzah di Agam Hamzah Akustik Connection, itulah pertama kalinya Adien bertualang ke dunia musik jazz yang membuka jalan baru ke jalur musik dan mulai fokus ke dunia gitar akustik.

Pada titik tersebutlah, ia mulai mempelajari Flamenco seperti Bulerias, Alegrias, Solea, Tangos yang merupakan musik etnik dari Spanyol. Tantangan awalnya terasa sulit karena Flamenco berbeda dari sisi musik dan teknik permainan. Gitar Flamenco yang sangat perkusif dengan musik yang ritmik, tidak bisa langsung spontan dimainkan kalau belum terbiasa. “Mencari nuansa yang baru lagi, semua orang butuh sound yang baru, entah dari instrument ataupun suasananya”, ujar Adien saat memperdalam Flamenco. Adien yang bertekad dan memilih gitar untuk hidup di musik bertemu dengan Angela Lopez seorang berkebangsaan Spanyol di komunitas Gitaris Teman Semua dan merupakan duta untuk pertukaran budaya Spanish Culture di Indonesia yang kini menjadi istri sekaligus partner dalam membawakan Flamenco.

Dengan konsep utama penyanyi sekaligus penari serta pemain gitar, konsep tersebut masih fleksibel dengan instrument lain, karena Flamenco bisa dikolaborasikan dengan tari atau musik etnik dari Indonesia. Gitar yang Adien gunakan adalah buatan Vicente Carrillo dan menjadi brand ambassador untuk gitar tersebut di Indonesia. Gitar tersebut merupakan produk nasional dan kebanggaan dari Spanyol. “Ada kenikmatan tersendiri saat menggunakan gitar asli dari Spanyol tersebut, alat musik yang diciptakan untuk gitar banget,” ujarnya. Ia memilih menggunakan konfigurasi ditodong mic condenser karena butuh hempasan udara ketika strumming yang di-capture oleh mic, sehingga membuat karakter sound yang berbeda dengan direct input.

Berikut video, performance Angela & Adin (Kedutaan besar Spanyol) di Studio Audiopro dengan lagu Tangos and Bulerias. Syahdu banget dengan irama khas musik Spanyol. Click & Check this out ! Sumber : youtube.com/majalahaudiopro.

Related Posts