• Minggu , 23 September 2018

CASIO PRIVIA PX5SWE

PIANO DIGITAL KATEGORI STAGE PIANO KELUARAN CASIO HADIR KE DALAM INDUSTRI INSTRUMEN MUSIK DI INDONESIA.

Casio salah satu nama besar instrumen musik yang sudah hadir sejak tahun 1980 di dunia, termasuk di Indonesia. Sebut saja, si legendaris Casio VL1 keyboard di tahun 1980 yang begitu terkenal di Indonesia saat itu. Disusul synthesizer CZ 101 (1984). Kini Casio hadir kembali meramaikan industri instrumen musik dengan meluncurkan jenis Stage Piano seri PX5SWE. Sebuah stage piano yang murni sebagai keyboard jenis piano digital profesional yang digunakan untuk kebutuhan panggung dan studio (rekaman, rehearsal).

Casio Privia PX5SWE diperkuat dengan jenis tuts full hammer action keyboard dengan fasilitas velocity yang responsif rasa tuts piano akustik. Meskipun tidak disertai fasilitas after touch, namun karakter tuts Privia PX5SWE cukup nyaman kita mainkan berbagai macam sound piano, string, drum, synthe, dan sebagainya. Pada panel atas Privia PX5SWE disediakan fasilitas kontroler Midi yang cukup lengkap, yaitu 4 buah knob dan 6 buah slider control yang berada di area kiri keyboard berdekatan dengan pitch bend dan modulasi.

Kontroler ini bisa kami sebut sebagai jantung kekuatan Privia PX5SWE membuat performa sound menjadi lebih sempurna. Ya! Tidak bias kita abaikan, Privia PX5SWE merupakan stage piano yang memiliki performa sound yang baik dan sebagai keyboard control profesional yang nyaman dimainkan. Casio Privia PX5SWE yang memiliki 88 buah tuts hammer keyboard ini, menyiapkan fitur 4 buah zone (zona). Keempat Zone ini berfungsi untuk me-maping (mengalamatkan) 4 buah tone kepada 88 tuts atau bisa kita sebut dengan split. Misalnya, zone 1 pada area tuts paling kiri (A0 – B1) mengontrol tone pad synth.

Zone 2, area tuts lower-mid (C2 – F#3) mengontrol tone bass. Zone 3, tuts G3 – B5 mengontrol tone piano. Selanjutnya zone 4 tuts area kanan (C6 – c8) mengontrol tone Hex layer yang bermanfaat dalam situasi live performing. Jadi ketika Anda sedang bermain maka tidak perlu menekan tombol patch program untuk mengganti sound. Karena seluruh keyboard sudah terbagi 4 (split) menjadi 4 zona (tone) ke 88 tuts keyboard (lihat skema zone). Perlu dicermati, Casio PX5S sebagai keyboard profesional, dari fitur ini Anda dapat mengontrol tone berasal dari keyboard eksternal atau softsynth (laptop, tablet) yang dialamatkan ke salah satu zone atau lebih melalui konektor Midi (5 pin) atau USB.

HEX LAYER

Stage piano Casio Privia PX5SWE tidak sekadar sebagai instrumen piano digital. Kami memperhatikan engineer Casio keyboard sangat serius merancang seri Privia PX5SWE. Kami memulai review stage piano ini dari fitur Hex Layer yang mengangkat Privia PX5SWE sebagai keyboard yangberkelas. Hex Layer merupakan sound engine synthesizer yang dibenamkan pada Privia PX5SWE. Luar biasa, Stage piano ini dilengkapi fasilitas engine synthesizer yang mampu menjalankan 6 layer secara bersamaan. Setiap layer menyiapkan parameter synthesis standar profesional, di antaranya adalah stage setting (split, setting zone, pengaturan knob dan slider kontrol, pan, dan efek), oscilator (PCM sound, waveform analog), pitch, filter (cut off 24 dB, ressonance), LFO pitch dan filter, envelope amplifier, dan filter. Bahkan parameter envelope tergolong kompleks. Info lanjut mengenai Piano PCM, Kontroler dan Spesifikasi. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 11 2017 atau download Majalah Audopro di aplikasi SCOOP (android/iOS) dan TB Gramedia Indonesia.

Related Posts