• Senin , 25 Juni 2018

BAGAIMANA CARA ME-REAMP UNTUK MENDAPATKAN TONE YANG SEMPURNA?

MUNGKIN GAMPANG UNTUK MENDAPATKAN TONE GITAR ELEKTRIK YANG BAGUS, TETAPI MUSTAHIL UNTUK MENDAPATKAN TONE YANG SEMPURNA SEBELUM KITA MENDENGARKAN TONE TERSEBUT DALAM KONTEKS MIX. ADA PEPATAH DALAM DUNIA RECORDING; “GARBAGE IN – GARBAGE OUT”, YANG ARTINYA ‘MENJADI KESULITAN BESAR KETIKA ADA KESALAHAN DALAM MELAKUKAN PROSES TRACKING, TETAPI APAKAH HAL INI TIDAK BISA DICARI SOLUSI LAINNYA?

Salah satu solusi adalah metode reamping! Sesuai dengan namanya, hal ini adalah proses mengeluarkan track yang sudah terekam dan meng-“amplify”-nya kembali melalui speaker atau kabinet untuk mendapatkan tone yang sesuai dengan konteks lagu. Memang, proses ini terlihat cukup rumit dan akan menyita banyak waktu, tetapi proses ini akan membantu mendapatkan hasil yang sempurna dan me-revolusi sound dari musik yang diinginkan. Mungkin semua pernah mengalami situasi seperti ini, ketika mencoba mendapatkan inspirasi untuk suatu riff lagu, namun malah banyak waktu terbuang hanya untuk setting ampli, mic, dll.

Dan pada waktu sudah siap untuk merekam, yang terjadi adalah focus lebih diarahkan kepada tone tersebut dari pada ide musikalnya. Dan yang lebih parah, sound yang direkam tidak cocok dalam konteks musik pada sektor final mix-nya. Dengan hanya menempatkan sebuah DI Box diantara gitar dan fx atau ampli gitar, sinyal unprosses tetap dapat diambil dari pada harus merekam part gitar tersebut di lain waktu ketika hasilnya tidak sesuai.

KELEBIHAN YANG AKAN DIDAPAT DARI METODE RE-AMPING:

  • Tidak perlu ada kekhawatiran merekam tone yang buruk.
  • Menjadi lebih fokus dalam ide musikal dan performa.
  • Membuka kreativitas menjadi lebih luas.

Dan kabar bagusnya, reamping bukan hanya untuk gitaris saja Justru teknik ini pertama kali digunakan oleh basis, dan konsep reamping ini dapat digunakan untuk semua jenis track.

#TIPS REAMPING LANGKAH 1: MEREKAM TRACK UNTUK REAMPING

Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan metode reamping, yang dibutuhkan adalah track direct yang benar-benar clean atau natural dari tone instrumen yang akan di-reamping. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah menggunakan direct box dimana salah satunya adalah Radial J48TM. Menggunakan DI mempunyai banyak manfaat daripada mencolokkan langsung instrumen ke input interface rekaman. Radial J48 dapat menambahkan frekwensi ‘atas’ untuk instrument dengan mempertahankan frekuensi tinggi yang terkadang hilang ketika menggunakan input instrumen interface rekaman berkualitas rendah. Interface rekaman akan mendapatkan mic input level dari DI box (bukan line atau instrumen level) sehingga preamp interface dapat bekerja maksimal untuk track instrumen tersebut. Info lanjut mengenai Tips Reampin langkah ke 2 : Reamp Track & Capture Kembali. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 11 2017 atau download Majalah Audiopro di aplikasi SCOOP (Android/iOS) dan TB Gramedia.

Related Posts