• Sabtu , 16 Desember 2017

YAMAHA DBR 15 PORTABLE SPEAKER AKTIF

PORTABLE LOUDSPEAKER YAMAHA DBR 15, MERUPAKAN SPEAKER AKTIF 2 WAY SYSTEM MENCAKUP SATU COMPRESSION DRIVER 1,4 INCI DAN WOOFER 15 INCI.

Yamaha DB15 sesuai untuk aplikasi live sound indoor dan outdoor. Sebagai loudspeaker dengan respons 50 Hz-20 kHz dapat dimanfaatkan sebagai loudspeaker utama pada venue kecil atau berfungsi sebagai floor monitor untuk venue menengah dan besar. Loudspeaker ini memiliki body kokoh dan finishing kabinet yang cukup rapih dan desain elegan sebagai loudspeaker aktif. Untuk aplikkasi indoor, Loudspeaker dengan coverage area H90° dan V60° dan respons frekuensi 50HZ – 20 kHz, bisa digunakan sistem instalasi tetap (PA system) , karaoke, seminar, meeting, DJ, atau unplug live music.

DSP

Ada dua channel input konektor combo (XLR dan jack ¼) terlihat pada panel belakang. Ditambah 2 channel input RCA untuk menerima sinyal dari MP3 player. Fitur lainnya, diperkuat dengan control DSP yang menawarkan dua pilihan fungsi DBR15 yang disebut D Contour terdapat pada panel belakang. Pertama, jika saklar D Contour kita geser pada modeFOH/Main, berarti DBR15 merepro suara dengan setting EQ preset frekuensi tinggi dan rendah di-boost, sangat nyaman digunakan sebagai speaker utama (full range). Jika DBR15 dipasangkan dengan subwoofer maka kita dapat menentukan HPF di 100 Hz atau 120 Hz sesuai kebutuhan.

 

Kita hanya mengirim sinyal audio dari output XLR DBR15 ke input subwoofer. Yamaha DBR series diperkuat dengan teknologi FIR-X tuning, yaitu mengoptimalkan frekuensi dan fase respons secara bersamaan dengan menyesuaikan time aligment antara tranduser HF dengan LF. Menghasilkan respons yang smooth pada crossover point dan sound lebih jernih. Pada uji coba di ruang berkapasitas sekitar 100 orang lebih, Yamaha DBR15 memiliki performa repro suara yang jernih dan sebaran frekuensi cukup stabil dalam ruangan tersebut. Sound vokal cukup clear, kami mendapati detail sumber suara vocal pria pada area frekuensi menengah.

Selain itu, kami bisa melakukan mixing channel vocal dengan leluasa dan presisi dari repro suara DBR15. perubahan frekuensi saat tweaking dari parametrik EQ Yamaha mixer TF 5 pada channel vokal sangat terasa dan responsif. Di sisi lain, ketika kami memutar sejumlah lagu beberapa genre dengan format CD audio, kami bisa merasakan frekuensi lower end yang tight dan frekuensi tinggi agresif namun tidak ‘pedas’ didengar. Frekuensi menengah yang merepro vokal cukup clear.

Pada uji coba ini, kami memposisikan D Contour pada mode FOH/Main, terasa lengkap respons frekuensi yang disodorkan oleh Yamaha DBR15. Berbeda ketika kami alihkan pada Mode Monitor, maka terasa frekuensi rendahtereduksi dengan sempurna sedangkan area frekuensi menengah dan tinggi tetap solid dan tidak menyerang. Jika ingin menghubungkan DBR15 dengan DBR15 lainnya, Anda hanya harus mengirimkan sinyal dari line out DBR 15 satu ke DBR 15 lainnya untuk kebutuhan  floor monitor.

Related Posts