• Sabtu , 16 Desember 2017

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HARTKE

CERITA KESUKSESAN HARTKE TAK LEPAS DARI JACO PASTORIUS DAN CONE SPEAKER BERBAHAN ALUMINIUM. BERAWAL PADA AKHIR 1970AN, DUA ORANG AHLI ELEKTRONIK YAITU LARRY HARTKE DAN RON LORMAN MELAKUKAN INOVASI MEMBUAT CONE SPEAKER DENGAN BAHAN ALUMINIUM.

Cerita kesuksesan Hartke tak lepas dari Jaco Pastorius dan cone speaker berbahan aluminium. Berawal pada akhir 1970an, dua orang ahli elektronik yaitu Larry Hartke dan Ron Lorman melakukan inovasi membuat cone speaker dengan bahan aluminium. Sebelumnya, bahan untuk cone speaker adalah kertas. Aluminium oleh Hartke dan Lorman dipercaya mampu menghantarkan sound bass dengan dinamika frekuensi lebih luas dibandingkan bahan kertas yang banyak digunakan sebagai cone speaker. Penemuan mereka baru terwujud tahun 1980an, mereka merilis produk pertama, sebuah cone aluminium tweeter dikombinasikan dengan speaker woofer 8 inci, dengan nama produk Hartke

Ron Lorman yang bekerja sebagai stage manager di sebuah Club terkenal di New York, Bottom Line Club, pada tahun 1984 membuatkan sebuah kabinet speaker bass 8 x 10 inci dengan speaker cone aluminium untuk digunakan oleh Jaco Pastorius yang bermain di Club tersebut. Tidak butuh waktu lama, Jaco Pastorius langsung jatuh cinta pada sound amplifier bass Hartke pertama tersebut. Frekuensi low yang solid dan koheren, dengan tambahan range frekuensi mid dan high yang tegas dari speaker berbahan aluminium, menjadi alasan Jaco untuk terus menggunakan amplifier Hartke sepanjang karirnya yang menonjol di kalangan bassist dan jazzer sampai akhir hayatnya.

Seolah Hartke menjadi signature sound bass yang khas milik seorang Jaco Pastorius. Pada tahun 1985 Hartke mulai memproduksi massal amplifier 8 X 10 inci seperti yang digunakan oleh Jaco Pastorius, dibarengi dengan tipe yang lebih kecil 4 X 10. Tahun 1989 Hartke mengembangkan beragam tipe kabinet XL, diantaranya 115XL, 210XL, 410XL, 4.5XL, dan 810XL. Sejak saat itu amplifier Hartke mulai dipakai oleh banyak bassist profesional dunia seperti Jaco, Marcus Miller, Darryl Jones, Jack Bruce, Will Lee, dan lainnya. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 10/Thn. XVI/2017 atau download Majalah Audiopro di Media SCOOP.

Related Posts