• Sabtu , 16 Desember 2017

SEKOLAH NEGERI YANG MEMPUNYAI JURUSAN MUSIK SMKN 2 CIBINONG

SEBELUM DITERIMA DISEKOLAH DISINI, SETIAP CALON SISWA AKAN DI TES MUSIKALITAS. DIMANA DALAM TES MUSIKALITAS ITU AKAN DIUJI PERASAAN RITMIS, PERASAAN IMITASI MELODI (AKORD MAYOR MINOR) SERTA WAWANCARA.

 

Sekolah yang berada di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor ini baru dibentuk pada 2014 dan berstatus sekolah negeri, merujuk pada Surat Keputusan No.421.5/174/KPTS/Per-UU/2014 29 Februari 2014. Dan pada saat itu sekolah ini bernama Sekolah Menengah Musik (SMM). Namun pada perkembangannya, setelah tiga tahun berdiri, sekolah ini berganti menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Cibinong. Dengan menambah berbagai jurusan seperti Multimedia, Animasi, Broadcast, Perbankan dan Perhotelan serta Musik. Ditemui Majalah Audio Pro, Risang Kurniawan S.Pd selaku Kepala Produktif (Kaprodi) menuturkan tentang sekolah ini terutama di Jurusan Musik dengan jumlah siswa 249 (khusus Jurusan Musik) yang terbagi di Kelas 10,11 dan 12.

JURUSAN MUSIK

Seperti sekolah menengah pada umumnya, sekolah kejuruan ini mempunyai tiga inti mata pelajaran yaitu adaptif, normatif dan produktif. Mata pelajaran adatif terdiri atas Bahasa Inggris, MTK, IPA, IPS, dan Kewirausahaan. Sedangkan, untuk mata pelajaran normatif terdiri atas Agama, PKN, Bahasa Indonesia, Penjaskes, dan Seni Budaya. Sementara, untuk mata pelajaran produktif yang terdiri atas musik Harmoni, teori musik, Okestra, dan beberapa pelajaran memainkan alat-alat musik klasik (13 jurusan) seperti, piano, violin, viola, contra bass, cello, saxophone, trompet, trombone, freshhorn, flute, clarinet, gitar dan lain-lain. Dengan jumlah guru sekitar 19 orang (kebanyakan lulusan dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan ada yang dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta) yang memang lulusan dari jurusan alat instrument tersebut (Linear).

 

“Setiap jurusan musik disini, kami mempunyai guru spesialisasi untuk alat instrument yang memang lulusan dari jurusan instrument tersebut, seperti contoh jurusan clarinet, maka gurunya adalah memang seorang lulusan sekolah atau kuliah dengan jurusan clarinet,” jelas pria yang juga mengajar biola di jurusan musik ini. Dengan menggunakan alat-alat standar orkestra internasional yang ada di sekolah ini, para siswa dituntut untuk menguasai dasar musik klasik. “Musik klasik itu teknikal ya. Musik klasik itu membentuk sebuah pondasi tersendiri dalam bermusik. Karena dalam musik klasik itu banyak aturan-aturan baku yang tidak bisa diubah. Maka dari itu, siswa disini diajarkan musik klasik sebagai dasar musik mereka,” jelas pria kelahiran 8 Juli 1988 dan pernah bergabung dengan Oni Orchestra ini. Dan ia menambahkan setelah mereka mempunyai dasar yang kuat dalam bermusik, mereka akan mengembangkan dan menentukan sendiri kearah mana mereka akan bermain musik.

UJI MUSIKALITAS

Untuk bersekolah di SMKN 2 Cibinong ini selain harus lulus Ujian Nasional dan Ujian Sekolah sebagai salah satu syarat dan kriteria umumnya bila siswa ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, juga harus lulus dalam uji musikalitas. “Sebelum diterima disekolah disini, setiap calon siswa akan di tes musikalitas. Dimana dalam tes musikalitas itu akan diuji perasaan ritmis, perasaan imitasi melodi (akord mayor minor) serta wawancara,” tuturnya. Ia menjelaskan,sebagai contoh imitasi melodi. Yang dites bukan kualitas suaranya yang bagus atau tidak, tapi dilihat apakah bisa menyanyi dan mengikuti melodi yang diperdengarkan.

Dan setelah dinyatakan lulus dan diterima di sekolah tersebut maka akan ada penjurusan (instrument) yang disukai oleh siswa. Namun setiap penjurusan tersebut juga ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum menentukan penjurusan. Seperti misalnya, siswa minat pada jurusan alat musik trombone. Pada trombone terdapat silde. Dan jika siswa tersebut minat pada jurusan trombone sementara kondisi tangannya terlalu pendek maka pihak sekolah tidak merekomendasikan siswa tersebut untuk mengambil jurusan trombone. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 10/Thn. XVI/2017 atau download Majalah Audiopro di Media SCOOP.

Related Posts