• Sabtu , 16 Desember 2017

FOCUSRITE RED 8PRE

Baru-baru ini focusrite meluncurkan seri Red terbaru mereka, yaitu Red 8Pre, mic pre dengan segudang fitur dan teknologi. Red merupakan line-up terdepan dari focusrite dan melambangkan puncak dari teknologi pengembangan audio interface dan mic preamp.

Dengan penampakan yang hanya 1U saja, Red 8Pre ini dilengkapi dengan tiga buah led display yang dapat diatur dengan menggunakan dua buah tombol rotary yang besar. Interface ini memiliki total 64 input dan 64 output. Pada bagian belakang terdapat 8 mic input, 8 line input, 8 line output dalam bentuk port DB25. Dan tentunya monitor out untuk near field favorit anda. Dari bagian belakang interface ini, anda akan langsung dapat gambaran bagaimana powerfulnya Red 8Pre ini. Terdapat pula 2x port i/o ADAT untuk menambah input dan output anda. Menariknya, Red 8Pre ini sudah terdapat 2 port Dante out of the box! Sehingga anda dapat menerima dan mengirim 64×64 audio path melaui network ke device lain. Selain itu, disediakan juga 2 port DigiLink sehingga anda dapat langung mengkoneksikan interface ini ke system Pro Tools | HD.

Red 8Pre ini menggunakan interkoneksi AD/DA melalui thunderbolt untuk memastikan roundtrip latency yang terendah untuk DAW Anda. Terdapat 2 port thunderbolt yang dapat di daisy-chain untuk equipment yang lain. Contohnya; anda dapat menghubungkan port thunderbolt pertama untuk komputer, lalu port kedua di Red 8Pre untuk layar monitor anda. Karena rendahnya latency di interface ini, anda bahkan dapat tracking sambil menggunakan plugins di DAW Anda tanpa masalah. Keunggulan dari Red 8Pre tidak sampai disitu saja, ke-8 mic pre di interface ini memiliki dynamic range dan headroom yang cukup luas (-129 dB EIN dan +63 dB gain) sehingga dapat digunakan untuk situasi rekaman apapun. Dapat dipastikan bahwa interface ini memakai chip terbaik untuk konversi AD/DA-nya. Interface ini mampu merekam dengan sample rate hingga 192kHz dan dynamic range dari 118dB untuk AD, dan 121dB untuk DA.

Salah satu fitur unggulan dari Red 8Pre adalah fasilitas AIR di mic preampnya. Ketika fitur ini diaktifkan, impedansi dari mic input akan berubah menjadi 2.1KΩ dan sedikit boost di frekuensi mid-highnya, semua ini terjadi pada alam analognya. Fitur AIR ini merekreasi suara mic pre transformer Focusrite ISA yang legendaris. Semua fitur dari mic pre ini semuanya dapat di kontrol melalui software kontrol yang terdapat dari Red 8Pre ini. Tidak ketinggalan pula, anda akan mendapatkan software Softube Time and Tone bundle sebagai bagian dari software bawaan interface ini. Diantanya adalah Drawmer S73 Intelligent Master Processor, TSAR-1R Reverb, Tube Delay dan Saturation Knob, semua plugins ini dapat anda pakai langung baik untuk tracking maupun mixing dan mastering. Ditambah pula, plugins dari Focusrite yaitu Red classic compressor dan EQ.

Related Posts