• Senin , 18 Juni 2018

BOSS BC-1X BASS COMPRESSOR

Compressor merupakan kebutuhan utama bagi pemain bass baik untuk penampilan live maupun rekaman.

 

Dengan gaya atau tipikal bermain yang sangat beragam, ditambah dengan frekuensi rendah dari instrumen bass, tentu bassist tidak bisa mengandalkan compressor umum yang biasanya ditujukan untuk instrumen gitar. Dan ketika live tidak mungkin juga membawa rack compressor yang ada di studio. Saat ini memang mulai banyak pedal compressor untuk instrumen bass yang muncul, namun belum mampu menjawab kebutuhan beragam gaya permainan para pemain bass. Ada yang hanya cocok untuk gaya fingering, ada juga yang khusus untuk slapping, dan banyak lagi. Serta kebanyakan pedal compressor yang ada hanya ditujukan untuk kebutuhan live performance, tidak studio ready bahkan tidak memenuhi standard untuk sesi rekaman di studio.

BOSS memahami dilema ini dan mengeluarkan produk terbarunya yaitu BOSS BC-1X Bass Compressor. Melalui riset yang mendalam terhadap beragam genre musik dan gaya permainan para pemain bass, BC-1X menjadi jawaban yang tepat. Dengan teknologi terbaru dari BOSS, yaitu MDP (Multi-dimensional Processing) akan menghasilkan intelligent multiband compression pada sebuah pedal BC-1X layaknya compressor studio yang sangat bagus. Setiap dinamika permainan dan area frekuensi yang kita mainkan akan diproses kadar kompresinya secara tepat dan tidak menghilangkan karakter permainan kita. Ini sangat berbeda dengan compressor bass pada umumnya yang kadang menghasilkan sound bass yang terlalu “squeeze”, datar dan menghilangkan tone asli bass kita.

Tampil dalam desain klasik ala pedal BOSS yang simpel namun kokoh, BC-1X terlihat menawan dengan warna hijau. Untuk setting compressor tersedia 4 buah knob yaitu Level, Ratio, Release, dan Treshold. Di bawah keempat knob tersebut terdapat sebuah indikator sinyal yang menampilkan level sound bass yang terkompresi. Fitur indikator sinyal ini sangat jarang ditemukan pada pedal bass compressor yang ada di pasaran, dan biasanya hanya ditemukan pada rack compressor untuk studio rekaman yang berharga sangat mahal. Indikator sinyal ini tentunya sangat memudahkan kita melihat seberapa besar sound bass kita terkompresi, sehingga pengaturan kompresi jadi lebih tepat dan simpel.

Dengan pengaturan knob Ratio, Treshold, dan Release pada posisi flat (posisi jam 12), tone bass yang saya mainkan terdengar lebih kaya harmonic, lebih tegas, dan detail. Karakter sound asli dari bass yang saya gunakan tetap terjaga, namun dengan penambahan punch dan lebih jernih. Sehingga untuk selanjutnya tidak perlu terlalu banyak melakukan adjustment karena tone bass yang stabil dan tegas layaknya menggunakan compressor studio sudah langsung tersedia. BOSS BC-1X memiliki input elektronik sebesar 18 Volt sehingga menghasilkan headroom yang lebih luas dibandingkan pedal kompresor 9 Volt pada umumnya. Sound yang dihasilkan menjadi lebih bersih, punchy, dan bebas distorsi.

Selanjutnya tinggal tweaking sedikit pada keempat knob yang tersedia, seberapa besar kadar kompresi yang kita inginkan disesuaikan dengan style dan genre musik yang kita mainkan. Dengan adanya indikator sinyal, pengaturan kompresi menjadi sangat mudah dan tepat sasaran, apakah kita ingin release lebih cepat atau lebih lama dan sebagainya. BOSS BC-1X memang sangat mampu diandalkan untuk pemain bass, baik itu untuk kebutuhan live maupun rekaman. Pengaturan kompresi yang sederhana dan tepat sasaran, memudahkan pemain bass menentukan karakter soundnya.

Related Posts