• Sabtu , 16 Desember 2017

LD System LDGT12A DAN LDGT SUB15A

Sebuah Kabar Gembira Bagi Pengguna Produk Pro Audio Yang Diberikan Banyak Pilihan Dari Berbagai Brand Yang Diperkuat Fitur Sesuai Kebutuhan Dan Budget Yang Ada.

LD System memberikan penawaran produk pro audio loudspeaker two way aktif kompak. Seri yang kami review edisi ini adalah LD GT12A loudspeaker full range dan sub woofer LD GTSUB15A dikirim oleh distributor PT. Citra Intirama ke redaksi.

LD GT12A

Merupakan loudspeaker portable multifungsi bisa digunakan sebagai speaker utama (FOH) untuk event kecil hingga menengah. Loudspeaker ini didukung dengan sebuah tweeter Celestion 1” (voice coil 1”) dan satu woofer 12” (voice coil 2,5”, woofer magnet Ferrite) dengan dispersi 90 (H) x 60 (V). Konstruksi kabinet yang kokoh terbuat dari bahan material MDF 15 mm sangat mendukung untuk kebutuhan touring sebagai speaker utama (ditempatkan vertikal) maupun floor monitor (jika ditempatkan secara horizontal sudut kemiringan 45 derajat).

LD System LDGT12A disertai dengan fitur 2 channel input (line dan mic input) yang bisa kita lihat pada bagian panel belakang loudspeaker. Setiap channel input menggunakan konektor universal (jack ¼, XLR) dan masing-masing input disertai knob gain (microphone dan line). Selanjutnya, masih pada bagian panel belakang speaker, terdapat 2-band EQ (treble dan bass) yang bisa kita atur set EQ ini sesuai kebutuhan. Fitur pelengkap lainnya protector limiter untuk mencegah line/mic input yang berlebihan (peak) yang bekerja secara otomatis. Selain itu, kami melihat fasilitas line out pada panel belakang LDGT12A dengan konektor XLR (balanced).

Pada uji coba pertama, kami memainkan gitar akustik yang dikirim ke mixer dan selanjutnya didistribusikan langsung ke loudspeaker LD System LDGT 12A. Kebutuhan loudspeaker untuk aplikasi live sangat membutuhan power suara yang solid seperti yang kami dapatkan pada LDGT12A ini. Tonal balance antara frekuensi tinggi dan rendah cukup berimbang. Pada ujicoba mengakomodir signal gitar akustik-elektrik memiliki bodi sound gitar yang jernih. Permainan arpeggio dan strumming gitar yang direpro LDGT12A cukup jernih dan tegas pada frekuensi menengah dan tinggi. Selanjutnya, loudspeaker ini mampu memenuhi repro suara vokal pria dan wanita dengan artikulasi yang jelas.

Ucapan huruf “s” dan “c” cukup smooth (tidak tajam) pada area frekuensi tinggi. Berganti ujicoba vokal yang menggunakan mikofon dynamic cardioid melalui mixer analog dan diteruskan ke loudspeaker, kami memutar sejumlah lagu berbagai aransemen (pop, rock, jazz, klasik, dan disco) dari file wave 44.1 kHz dan 16 bit mendapatkan energi bass yang bass. Speaker ini mampu mereproduksi suara yang transparan, tidak ada frekuensi berlebih khususnya area mid-high yang sering menjadi perhatian utama. Area frekuensi mid-high cukup smooth dan hangat. Kami mendapatkan clarity yang baik yang mendukung LDGT12A dimanfaatkan sebagai loudspeaker utama maupun floor monitor.

LDGT SUB15A

Sangat menarik, LD System LDGT12A (full range) disandingkan dengan subwoofer seri LDGT SUB15A yang melengkapi rentang frekuensi menjadi lebih kaya. Ujicoba kedua, kami menggunakan subwoofer LDGT SUB15A (single 15”) untuk mengkover frekuensi lower end dan LDGT12A sebagai full range speaker. Subwoofer aktif LDGT SUB15A menyertakan fasilitas “Sub Freq”. Dari fasilitas knob Sub Freq, kita dapat memilih frekuensi lower end direpro oleh subwoofer ini antara 80 Hz hingga 200 Hz. Pada ujicoba kedua ini, kami mengatur Sub Freq pada posisi 80 Hz dari panel belakang subwoofer dengan kabinet berbahan material Plywood 15 mm.

Dalam ujicoba yang memanfaatkan subwoofer, kami memainkan solo drum yang sudah dimiking dengan set mikrofon drum. Reproduksi suara yang dihembuskan dari loudspeaker full range dan subwoofer keluaran LD System ini memiliki detail sound drum yang baik. Kami mendapati tone tom dan floor tom dengan artikulasi yang kuat pada area frekuensi menengah dan bawah. Lain lagi, kami mencermati area frekuensi tinggi dengan bunyi crash, ride, dan hi-hat yang jernih berkat frekuensi tinggi yang tidak berlebih. Sedangkan, sound kick bermain pada area frekuensi rendah mampu menyugguhkan energi yang mengangkat groove dari beat drum.

Kemampuan LD System full range dan subwoofer mampu merepro tone instrumen drum cukup jelas. Selanjutnya, kami memanfaatkan LDGT series dengan memutar file lagu resolusi 16 bit dan 44.1 kHz dengan aransemen Electronic Dance Music (EDM) dan pop. Pasangan full range dan subwoofer LD System mampu memberikan tonal balance yang optimal. Pada saat memainkan aransemen EDM, performa LDGT series tak diragukan sound jernih dan diperkuat frekuensi rendah yang punchy. Selanjutnya, kami memutar sejumlah aransemen musik yang melibatkan solo vokal pria dan wanita.

Area frekuensi menengah lebih kuat saat kami memanfaatkan subwoofer LDGT SUB15A secara bersamaan. Artikulasi vokal lebih menonjol dan hangat dengan iringan aransemen pop dan jazz. Secara menyuluruh reproduksi suara memiliki tone yang matang dan detail. Area frekuensi bass juga mengimbangi frekuensi menengah hingga tinggi yang direpro dari full range speaker LDGT12A dengan nyaman didengar dan menjaga kejernihan suara.

 

Related Posts