• Rabu , 24 Oktober 2018

SOUND MODULE DARI HARDWARE MENJADI SOFTWARE ROLAND SOUND CANVAS

ROLAND SEBAGAI SALAH SATU PRODUSEN ALAT MUSIK DUNIA BANYAK MEMILIKI KOLEKSI PIRANTI MUSIK UNTUK MENDUKUNG MUSISI DALAM BERMUSIK. TIDAK HANYA BAGI PEMAIN KEYBOARD DAN PIANO, ORGAN, BAHKAN GITARIS DAN DRUMMER. ROLAND MEMPUNYAI BANYAK SEKALI PRODUK UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BERMUSIK PARA MUSISI BAIK PEMULA HINGGA PROFESIONAL

 

Salah satu produk Roland sound module adalah Sound Canvas yang menjadi legenda. Sound Module merupakan piranti yang dapat menghasilkan suara ketika digunakan bersama perangkat musik lain ber basis MIDI. Roland Sound Canvas pertama kali diluncurkan tahun 1991 dengan seri SC-55. Sound module ini mempunyai keunggulan yaitu 16 part multitrimbral dimana mampu untuk mengeluarkan 16 suara berbeda dari 16 part / channel MIDI yang ada. Sound module ini pun sudah mendukung General MIDI (GM) dan General Standard (GS).

 

Sound module ini berbasis suara PCM dengan 317 suara dan 9 drumset. Sound module ini juga menjadi mesin suara pada lini keyboard Roland selanjutnya. Generasi selanjutnya adalah SC-88 pada tahun 1994 dengan 600 lebih suara dan 22 drumset. Pada tahun 1999 dengan Roland Edirol meluncurkan seri SC-8820 dengan lebih dari 1600 suara dan 63 drumset. Pada seri ini suara suara traditional sudah terdapat di dalamnya terutama suara gamelan set seperti bonang, saron, pemade, gender, siter, gong, ceng ceng, angklung. Sound module ini cukup faforit untuk membuat aransemen musik tradisional karena koleksi suara dan kualitasnya sangat baik.

Baca selengkapnya di Majalah Audiopro edisi 08/Thn. XVI/2017 atau di Scoop/Majalah Audiopro.

 

Related Posts