• Sabtu , 16 Desember 2017

INTRO TO MODULAR SYNTHESIZER

MODULAR SYNTHESIZER MERUPAKAN SEBUAH SISTEM YANG DI TERAPKAN PADA SYNTHESIZER DIMANA KONFIGURASI ATAU SUSUNAN MODUL YANG DIGUNAKAN UNTUK MENCIPTAKAN BUNYI DAPAT DISUSUN SESUAI KEINGINAN USER. KEMUNCULANNYA ADALAH UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PARA MUSISI DAN EKSPERIMENTALIS YANG HAUS AKAN SOUND BARU.

 

Di dunia modular synth sendiri terdapat banyak sekali acuan sistem yang digunakan, salah satunya adalah sistem eurorack. Sistem ini memiliki banyak konvensi seperti ukuran panel, acuan daya yang digunakan hingga koneksi antar muka. Di Indonesia sendiri , modular synth bukanlah barang baru. Namun belakangan, mulai ramai di bicarakan. Untuk itu, pada 12 Agustus lalu, CandraCom mengadakan workshop bertema “Intro To Modular Synthesizer” yang dibuka dengan pembicara Yaya Mando yang merupakan seorang composer music pada sesi pertama.

Ia memperkenalkan sebuah analog Eurorack Modular Synthesizer dari Wardolf, yaitu KB37 dengan modul Elements, Rings Resonator, Clouds, serta Warps dari Mutable Instruments. Salah satu kelebihan dari Modular Synthesizer tersebut adalah proses flexsibelnya yang membuat user lebih mudah menciptakan menciptakan signature sound. Selain itu, Wardolf KB37 dapat di gunakan sebagai Midi to CV converter, headphone amplifier dan amplifier untuk pengganti mixer serta modul Mutable Instruments yang multifungsi sebagai tone generator dengan self oscilate.

 

Yaya merouting midi out KB37 ke modul Elements dengan local midi off sehingga Wardolf KB37 berfungsi sebagai keyboard controller. Lalu menggunakan midi in Arturia Beatstep untuk mengontrol Squence di Nuendo dengan output CV ke modul Rings dan menggunakan patch cable ke modul lainnya untuk membuat sound sesuai kebutuhan. Founder dari littleAudio tersebut juga menjelaskan alternatif apabila tidak mempunyai budget yang mencukupi untuk memiliki sebuah analog modular. Ada sebuah Software Modular dari Native Instrument, yaitu Reaktor 6 Blocks. Software tersebut dapat di jalankan baik secara standalone maupun sebagai instrument atau plugin effect yang mempunyai basic modul seperti oscillator, filter, serta delay dengan sistem block dan struktur virtual cable pada panelnya untuk membuat preset tersendiri.

Baca selengkapnya di Majalah Audiopro edisi 08/Thn. XVI/2017.

Related Posts