• Rabu , 25 April 2018

MODIFIKASI SOUND DENGAN DRUMHEADS

SEBUAH DRUMKIT MENJADI ISTIMEWA KARENA SELAIN DARI KUALITAS DAN DESAINNYA, YANG PASTI ADALAH SOUND YANG DIHASILKAN. SALAH SATU YANG MEMPENGARUHI SOUND SELAIN BAHAN SHELL, ADALAH DRUMHEAD. TIDAK DIPUNGKIRI DRUMHEAD MENJADI ITEM PENTING DAN WAJAR SAJA JIKA BERBAGAI BRAND DRUMHEAD BERLOMBA MELAKUKAN INOVASI PADA PRODUK YANG DIPASARKANNYA.

 

Drumhead ternyata pada perkembangan lebih lanjut, tidak hanya menjadi item pelengkap produk drum atau perkusi. Akan tetapi kini berdiri sendiri, menjadi produk yang memiliki nilai jual. Bahkan beberapa produk drum papan atas, mengandeng atau bekerja sama dengan beberapa merek drumhead untuk memaksimalkan produk yang dipasarkan. Semakin istimewa produk drumhead yang digunakan, semakin istimewa drum yang dipasarkan dan tentunya dipatok dengan harga yang semakin mahal.

Di pasar instrument dunia, ada dua nama raksasa yang memproduksi drumhead, yaitu Evans dan Remo. Kedua brand ini sering digunakan atau bekerja sama dengan beberapa produk drum dan perkusi papan atas dunia. Tapi ada beberapa brand lain yang juga cukup dikenal, seperti Attack, Aquarian, Brixton, dan sebagainya. Ada beberapa produk drum yang memang membuat drumhead sendiri, yang biasanya memang khusus diproduksi untuk produk drumkit yang dipasarkannya dan tidak dijual per piece atau dipasarkan secara bebas.

DRUMHEAD DARI MASA KE MASA

Drumhead atau dikenal juga dengan drum skin, atau kulit drum difungsikan untuk merespons pukulan stick drum dan sejenisnya, yang menghasilkan vibrasi dan akhinya memunculkan resonan sound. Pada masa-masa awal, drumhead menggunakan kulit binatang asli, terutama pada produk perkusi.

Pada tahun 1957, Remo Bell dan Sam Muchnick mulai memproduksi drumhead dengan bahan dasar plastik (mika) Bahan ini kemudian jadi populer, karena menggunakan bahan baku yang mudah didapat dan cukup ekonomis dan akhirnya menjadi standarisasi untuk drum hingga perkusi lainnya.

Beberapa brand lainnya, setelah Remo akhirnya bermunculan tapi dengan konsep yang sama. Drumhead biasanya terdiri dari 2 jenis, yaitu Coated (biasanya buat snare) dan Clear buat floor, tom, dan bass drum).

 

 

Info lanjut mengenai, Inovasi Pada Drumhead Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi

Related Posts