• Selasa , 17 Oktober 2017

LIE ANDIE JANGAN TAKUT JADI PEMAIN BASS

BICARA PERMAINAN BASS GITAR, BANYAK ORANG BERPIKIR BAHWA MENJADI PEMAIN BASS HANYASEKADAR PELENGKAP SAJA DALAM SEBUAH GROUP BAND. PADAHAL MENJADI SEORANG PEMAIN BASS ITU BISA SAJA LUAS. BISA BERMAIN SEPERTI GITARIS, BISA MAIN SEPERTI DRUMMER, BAHKAN BISA BERMAIN SEPERTI KEYBOARDIS.

 

Ketika pertama kalinya, ia memulai kuliah di Institut Musik Indonesia (IMI) tahun 2004 akhir, mahasiswa lain banyak yang menyangka jika dirinya adalah seorang Dream Theater mania. Apalagi John Myung pernah tampil dalam acara workshop di IMI di tahun yang sama. Melihat dari potongan rambut, rupa bahkan “tongkrongan” dirinya mirip dengan bassist Dream Theater itu. Padahal sama sekali saat itu dirinya hanya mengenal John Myung dan Dream Theaternya lewat berbagai berita dan tayangan, tanpa pernah memainkan lagu-lagunya.

Belajar bermain gitar bass pada tahun 2003 di Willy Soemantri School dan juga di Farabi setahun kemudian, Lie Andi Susanto yang akrab dipanggil Andi ini pernah mencoba lepas dari bayang-bayang Jhon Myung. Mencoba tampil menjadi dirinya sendiri dan pernah berhasil namun agak sulit, apalagi panggilan Myung dari teman- temannya sudah begitu melekat.

Yang akhirnya membuat Andi tersadar bahwa ini justru adalah anugerah tersendiri. Apalagi ketika dirinya diminta oleh teman-teman di kampus untuk membantu tugas akhir membawakan lagu Dream Theater, Airtoolmania. Maka tak pelak, julukan Myung Indonesia semakin melekat di diri pria kelahiran 24 Mei 1984 ini. Sejak saat itu, dirinya bersama teman-teman kampusnya rajin membawakan lagu-lagu Dream Theater.

SUKA DENGAN SUARA GROWL DAN PUNCH

Tipe musik Dream Theater memang sulit, ada nada-nada tertentu yang harus “dikejar” ketika memainkan lagu-lagu band tersebut. Walau tidak mirip-mirip, tapi setidaknya nada-nada tersebut memang harus ditampilkan karena itu merupakan “roh” tersendiri dalam lagu yang dimainkan. Maka dari itu diperlukan latihan dengan cara mengulik lagu lebih sering. Pria yang saat awal belajarnya menggunakan gitar bass Squier Precission dan saat ini di-endorse oleh Ibanez membagikan pengalaman dalam hal mengulik lagu. Bahwa dirinya sering mentok ketika sedang mengulik sebuah bass line, itu terjadi karena menurutnya antara pikiran dan hati belum menyatu.

Info lanjut mengenai Sound Bass dan Skema Full Set. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 06/Thn. XVI/2017.

Related Posts