• Minggu , 21 Oktober 2018

KOMUNITAS FILM MAKER DI SMK BINA KARYA

MENUMBUHKAN SINEAS MUDA DI LINGKUNGAN SEKOLAH, HARMONIA PRODUCTION SMK BINA KARYA

 

Perfilman di Indonesia yang semakin berkembang dengan pesat membuat para masyarakat menjadi begitu tertarik akan suatu tayangan film terbaru yang selalu keluar di bioskop. Hal ini membuat para masyarakat menjadi tertarik dengan suatu proses pembuatan film, proses dari nol hingga final memang tidaklah semudah yang dikira. Akan tetapi, itu tidaklah mematahkan semangat para film maker atau sineas muda di tanah air untuk berkarya, seperti yang bisa kita lihat, film terbaru di Indonesia begitu antre untuk tayang di bioskop.

Tak hanya filmnya saja, para penontonya pun selalu menantikan film terbaru yang akan keluar. Bisa kita lihat ketertarikan masyarakat akan suatu film, dengan selalu penuhnya studio di bioskop, mulai dari anak-anak, tua, dan muda mereka menikmati tayangan yang ada di dalam studio dengan serius. Sebuah audio visual yang bisa memainkan perasaan dan emosi seseorang yang menonton film. Film memang sebuah hiburan yang sangat berpengaruh sekali di dunia, bias dibilang sebuah film menjadi hiburan yang pokok untuk manusia.

Dahulu, orang-orang  menikmati sebuah tayangan film hanyalah melalui televisi dan bioskop saja, namun berbeda dengan sekarang di zaman yang sudah semakin berkembang, masyarakat bias menikmati tayangan film melalui smartphone ataupun PC. Pasalnya dengan hadirnya media-media untuk video di internet, dapat membuat masyarakat dengan sangat mudahnya untuk mengakses sebuah film, seperti Youtube.

Mereka para “Youtuber” istilah untuk orang-orang yang sangat aktif di Youtube, mereka berlomba-lomba menciptakan sebuah tayangan terbaru yang menarik, mulai dari film hingga video menarik yang lainnya. Media promosi yang sudah sangat mudah membuat banyak para anak muda di negeri ini sukses di dunia perfilman, karena di negeri ini sangat banyak anak muda yang kreatif dan hebat untuk menciptakan karya karya hebatnya.

HARMONIA SMK BINA KARYA

Harmonia merupakan sebuah ekstrakurikuler yang ada di SMK Bina Karya, Jakarta Barat. Sebuah perkumpulan siswa-siswi dengan bervariasi kegiatan yang begitu positif, dan tentunya selalu menghasilkan inovasi dan karya-karya yang terbaru, Harmonia sangatlah aktif di dunia perfilman, mereka selalu rutin membuat sebuah film pendek dari berbagai genre, walaupun lebih condong dengan film horror yang mereka produksi. Setiap karya yang sudah mereka buat, selalu di-upload pada media Youtube dan mereka juga selalu rutin mengadakan sebuah screening atau pemutaran film karya-karya mereka di setiap tahunnya.

PRODUKSI

Di dalam sebuah produksi mereka belajar mengenai proses sebuah film, dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi, hingga proses untuk aktor pun mereka juga melakukan sebuah casting terlebih dahulu untuk dapat memilih orang yang pas dalam memerankan sebuah peran. Dari sebuah proses pembuatan film, mereka telah banyak belajar, yaitu mereka akan belajar mengenai sebuah kedisiplinan, konsisten, bersabar, dan tanggung jawab, karena untuk menghasilkan sebuah karya film yang nantinya untuk ditayangkan tidaklah semudah membalikan telapak tangan.

Mungkin walaupun pada akhirnya mereka sudah berhasil di puncak, dimana film tersebut sudah siap tayang, setelah melewati proses yang begitu kompleks, pasti ada saja yang namanya komentar yang negatif, tapi itulah sebuah peran seniman, dimana berusaha sekeras mungkin untuk menciptakan sebuah karya dengan berbagai metode dan cara. Pada akhirnya pasti ada sisi negatif ataupunkesalahan yang dicari para penonton, tapi itu menjadi sebuah motivasi mereka untuk menciptakan sebuah karya film yang lebih baik, belajar dan terus belajar tanpa henti, itulah jiwa seorang seniman.

 

Related Posts