• Selasa , 17 Oktober 2017

SOUND DAY 2017 TOURING AND HOUSE OF WORSHIP AUDIO WORKSHOP

PT CIPTA SWARA ANUGRAH (CSA) SELAKU DISTRIBUTOR RESMI PRODUK HARMAN SEPERTI JBL DAN SOUNDCRAFT PADA 31 MEI 2017 KEMARIN MENGADAKAN SOUND DAY 2017 BERUPA WORKSHOP AUDIO.

 

Acara yang dimulai dari pukul 12.30 WIB ini, dibuka oleh David Bradshaw seorang senior system engineer dari Harman International. Ia memperkenalkan dan mendemokan Flagship terbaru dari JBL line array system VTX series, yaitu JBL VTX V20 serta mixer Soundcraft Vi series terbaru yaitu Soundcraft Vi 3000 dan Soundcraft Vi 2000 kepada para audio enthusiast yang hadir di Theater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. System speaker pada Sound Day 2017 untuk flying rigging menggunakan JBL VTX series V20 10”, VTX S25 double 15” subwoofer dan JBL VTX G28 double 18”.

Kemudian untuk Ground stage menggunakan JBL vertec VT4886 4,5”x2, JBL vertec VT4883 vertex 12”x2. Untuk amplifier menggunakan crown I-tech HD Series 4×3500, I-tech 12000 serta Mic AKG UMS 4500, dan lighting menggunakan Rush series dari Martin Lighting. Setelah itu dilanjutkan dengan acara santai sambil ngabuburit bersama Michael Dotulong pemenang juara 1 EON ONE TAKE yang diadakan oleh CSA dan Melodia pada bulan November 2016 lalu.

Pada kesempatan ini, untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkan saat perform di outdoor, Michael Dotulong menggunakan Eon One PRO dan AKG D5 microphone. Di sela-sela perform dari Michael Dotulong, para audio enthusiast Sound Day 2017 juga diperbolehkan mencoba langsung Mixer Soundcraft Vi 3000 dan VI2000 yang dibantu oleh tim CSA Engineers serta konsultasi dengan tim Product Specialist dari CSA. Setelah buka puasa dan makan malam bersama, acara dilanjutkan dengan workshop session dari Unlimited Worship dengan moderator Franky Kuncoro dan Joseph Manurung sebagai pembicara.

Sebagai founder dari Unlimited Worship, Franky Kuncoro memberikan arahan tentang “How to Became God Worship Sound Engineer“ yang melayani di Gereja pada saat ibadah. Berbicara tentang pelayanan, ada 2 poin penting dari sisi rohani dan sisi teknis yang disampaikan oleh Franky Kuncoro agar “To help people to worship God” saat beribadah. Pertama, “Know your audience” dan kedua “Know your team”. Setelah itu, Joseph Manurung menjelaskan point ketiga, yaitu “Know your system”.

Bagaimana pentingnya mengenal Basic Audio dimulai dari frekuensi, wavelength, speed of sound, decibel level, Ohm resitance dan reactance sampai hearing. Selain itu, ia juga mengarahkan harus menguasai alat yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari genre musik yang dimainkan. Di penghujung acara, Joseph Manurung mendemokan dari pengenalan menggunakan mixer digital dan virtual soundchek sampai live recording mixing menggunakan Mixer Soundcraft Vi 3000 di sekitar 250-an audience dari ProAudio Enthusiast, Engineers, serta Sound Rental Companies yang datang pada malam itu.

Related Posts