• Sabtu , 16 Desember 2017

NIKON 1 J5

SEBUAH KAMERA MIRROLESS NIKON DENGAN TAMPILAN VINTAGE DILENGKAPI FITUR YANG MENARIK.

Sebuah kamera merupakan sebuah kebutuhan yang cukup penting, khususnya diera zaman yang sudah serba digital dan modern, hamper seluruh orang didunia menggunakan kamera setiap saat untuk. Khususnya anak muda, untuk mengabadikan moment – moment berharganya yang tidak bisa diulang lagi. Pada kali ini saya akan mengulas sebuah kamera dari brand produk yang sudah sangatlah mendunia, siapa yang tidak kenal dengan Nikon ? produk kamera yang sudah sejak lama menguasai pasar didunia perkamera-an.

Pada kali ini saya akan mereview sebuah kamera Nikon 1 J15, merupakan sebuah kamera mirroless yang memberikan sebuah fitur dengan kemudahanya yang begitu berkualitas, pasalnya dengan fitur yang begitu sederhana, namun kualitas yang diberikan sangatlah baik, gambar yang begitu jernih memang andalan dari hasil kamera Nikon, kesan gambar yang terlihat begitu natural, kamera Nikon memanglah sangat baik digunakan untuk foto jurnalistik dan foto di outdoor.

DESAIN

Nikon 1 J5 merupakan tembusan kamera terbaru dari mirroless Nikon, menghadirkan peningkatan fitur yang cukup signifikan dibanding kamera Nikon 1 seri J sebelumnya. Berkat sensor kamera CMOS BSI dengan sistem fokus Phase Detection Auto Focus (PDAF) membuatnya dapat menangkap fokus lebih cepat dibanding kamera Mirrorless standar lain dengan sistem fokus CDAF (Contrast Detect Auto Focus).

Sistem fokus otomatis yang lazim digunakan pada kamera DSLR ini kemudian di modifikasi ulang agar ukuran kamera tidak perlu sebesar DSLR. Kecepatan deteksi fokus sekelas DSLR kemudian digabung dengan kecepatan bidik beruntun hingga 20 Frame per detik pada resolusi maksimal. Mengenai ukuran resolusi kamera, Nikon 1 J5 memiliki ukuran resolusi 20.8 Megapiksel atau lebih besar disbanding Nikon seri J4 yang sebesar 18.4 Megapiksel.

Ditambah lagi, sebagai komponen pengolah data utama di dalam kamera, kamera Nikon 1 J5 diperkuat Processor EXPEED 5A yang mendukung pemotretan kecepatan tinggi dan mampu mengurangi noise untuk hasilkan foto yang lebih detail dan jernih, sangatlah cocok untuk anda yang ingin menghasilkan sebuah foto yang begitu natural, real tanpa harus melakukan editing tambahan lagi, detail yang begitu jelas menjadikan Nikon membuat anda dapat mengexplore kemampuan dan tehnik.

FOKUS OTOMATIS PDAF

Sebuah fitur auto fokus merupakan bagian yang cukup untuk sebuah kamera digital, pasalnya jika and ingin mengabadikan sebuah moment yang tidak akan bisa terulang dengan cepat, tanpa harus melakukan settingan pada kamera, tentunya fitur auto fokus menjadikan kekuatan anda dalam melakukan pengambilan foto secara cepat, sistem fokus otomatis PDAF memberikan kecepatan pelacakan fokus yang lebih tinggi dibanding CDAF. Ini disebabkan kamera dengan fokus PDAF menggunakan sensor tambahan yang fungsinya untuk mendeteksi fokus kamera. Sensor ini mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk ke dalam kamera.

Saat fase cahaya berhimpit ini artinya gambar sudah fokus, maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk hentikan gerakan lensa dan mengunci fokus. Pada kamera DSLR biasanya menggunakan dua buah sensor fokus yang diletakan di bawah lensa utama. Namun pada kamera Mirrorless sensor fokus digabung dengan sensor foto agar ukuran kamera tidak terlalu besar. Pada Nikon 1 J5, terdapat 105 titik fokus PDAF tersebar di sepanjang Frame. Karena jumlahnya yang banyak, kamera dapat mendeteksi posisi objek di manapun. Kecepatan fokus PDAF dan titik fokus yang banyak membuat kamera ini bisa membidik foto mode beruntun hingga 20 Frame per detik.

TRANSFER

Langsung mengupload hasil foto yang sudah kita ambil ke media sosial merupakan sebuah hal yang begitu mengasyikan, pada kamera Nikon 1 J15 ini memiliki sebuah fitur NFC dan Wifi , dimana anda dapat mengirim hasil jepretan Nikon 1 J5 tak akan semudah ini. Berkat konektivitas Wi-Fi dan NFC Anda bisa mengirim hasil foto favorit ke perangkat Mobile seperti Smartphone dan Tablet. Koneksi NFC bisa digunakan bersama perangkat Android yang sudah mendukung NFC.

Sementara itu melalui koneksi Wi-Fi pengguna Android dan iOS bisa menerima foto dari kamera secara nirkabel atau menggunakan perangkat Mobile sebagai Wireless Remote Control. Namun terlebih dahulu Anda harus meng-Instal aplikasi Nikon Wireless Mobile Utility yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi tersebut juga menyediakan opsi pemotretan nirkabel. Fitur ini membuat Anda dapat melihat gambar yang dibidik kamera dan membidiknya melalui layar perangkat Mobile.

OVERALL

Dari hasil review saya pada kamera Nikon1 J15, saya dapay menyimpulkan, sebuah kamera mirroless yang begitu menarik, fitur yang begitu baik, dengan kualitas gambar yang begitu baik, dan juha tampilan desain yang begitu vintage menjadikan kamera ini terlihat unik, resolusi gambar yang diberikan sudah begitu besar untuk ukuran kamera yang berukuran kecil ini, 20.8 megapixel, dengan sebuah CX-Format BSI CMOS Sensor memberikan kualitas gambar yang tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya soal gambar, fitur yang diberikan kamera ini juga begitu menarik.

Terdapat sebuah sistem transfer yang menggunakan jaringan NFC dan Wifi , sehingga anda bisa langsung mentransfer hasil foto dari kamera ke smartphone ataupun gadget anda, dan juga layar yang sudah merupakan layer touchscreen alias layar sentuh, sehingga anda akan semakin dipermudah dengan kamera Nikon 1 J15, begitu banyak kemudahan yang diberikan.

Related Posts