• Kamis , 17 Agustus 2017

RERE TETAPLAH MENJADI MUSISI YANG KREATIF

“MEMBANGUN SOUL DALAM BERMAIN DRUM ITU SEPERTI SEBUAH DIALOG. ADA KOMUNIKASI. APA YANG SAYA INGINKAN DALAM BERMUSIK ITU YANG SAYA KOMUNIKASIKAN LEWAT ALAT MUSIK DRUM. KEGELISAHAN, KESENANGAN, KESEDIHAN DAN KEBAHAGIAN SAYA, SAYA TUANGKAN SEMUA LEWAT ALAT MUSIK DRUM. ITU CARA SAYA MEMBANGUN SEBUAH RASA TERHADAP ALAT MUSIK.”

 

Sebagai salah satu drummer terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, Rere (Mochamed Reza Pahlevi) tak lepas dari group yang membesarkan namanya, Grass Rock. Sempat bergabung bahkan menjadi additional player di beberapa group band, makin menjadikan dirinya memiliki jam terbang yang tinggi di kancah musik Indonesia. Hingga kini ia masih berkarya untuk kemajuan musik di  Indonesia.

MEMBANGUN SOUL

Bicara masalah drum adalah berbicara masalah rythm. Karena buat dirinya drum itu adalah denyut nadi dalam permainan musik. Sebagai denyut nadi, permainan drum juga harus didukung oleh sebuah rasa. Dan ituharus dibangun. “Membangun soul dalam bermain drum itu seperti sebuah dialog. Ada komunikasi. Apa yang saya inginkan dalam bermusik itu yang saya komunikasikan lewat alat musik drum.

Kegelisahan, kesenangan, kesedihan dan kebahagian saya, saya tuangkan semua lewat drum. Itu cara saya membangun sebuah rasa terhadap alat musik,” tuturnya ketika ditanya tentang arti drum buat dirinya. Menambahkan bagaimana membangun sebuah soul dalam bermain drum, ia menilai karakter drummer yang baik itu memang luas kriterianya. Jika berbicara skill, anak-anak muda sekarang yang menggeluti alat musik drum permainannya bagus-bagus. “Fantastis melihat anak-anak muda sekarang bermain drum, tapi semua itu harus ditunjang juga oleh pengalaman atau jam terbang.

Dan juga bukan hanya sekedar bermain saja, tapi permainan mereka harus juga bermakna, dalam arti apa yang mereka mainkan dialat musik tidak hanya sekedar bunyi, tapi harus ada maknanya,” tutur pria kelahiran 18 Agustus ini panjang lebar.Selain itu menurutnya mereka juga harus punya kepekaan terhadap lingkungan, budaya, alam, yang kesemuanya disalurkan lewat nada-nada musik. Itu sebenarnya roh dari musik itu sendiri. Info lanjut mengenai Tunning, Manggung dan Set up Drum Rere. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 05/Thn. XVI/2017.

 

Related Posts