• Kamis , 18 Oktober 2018

HEX LAYER MEMBUAT DIGITAL STAGE PIANO DAN KEYBOARD ARANJER CASIO MEMILIKI FUNGSI LEBIH

CASIO MENGENALKAN TEKNOLOGI SYNTHESIZER YANG DISEBUT HEX LAYER. HEX BERASAL DARI KATA HEXA YANG ARTINYA ENAM, SEDANGKAN LAYER YANG ARTINYA LAPIS (LAPISAN).

Fasilitas Hex Layer mulai dikenalkan Casio pada synthesizer seri XW-P1 (2012) yang sampai sekarang masih diproduksi. Kini fasilitas Hex Layer diadopsi Casio yang dibenamkan pada jenis digital stage piano PX series dan MZ X series (keyboard aranjer). Tentu saja, fasilitas canggih ini menambah kemampuan kedua jenis keyboard ini menambah fungsi dan performanya. Strategi cerdas ini berhasil diterapkan Casio pada PX series dan MZ X series sehingga keyboard ini memiliki kekayaaan koleksi sound yang lebih kaya dan modern.

HEX LAYER

Apa yang menarik dengan Hex Layer? Fitur Hex Layer merupakan teknologi synthesizer yang dilengkapi dengan berbagai konfigurasi parameternya. Struktur synthesizer Hex Layer memiliki 6 buah layer (pada synthesizer brand lain kerap disebut part, tone, atau oscillator) bisa diaktifkan beberapa layer saja atau keenam layer diaktifkan simultan. Sedangkan konfigurasi parameter synthesizer di setiap layer di antaranya adalah pitch, amplifier, LFO, filter, filter envelope, amplifier envelope, pan,velocity, split, dan efek.

Jadi, jenis keyboard stage piano pun tidak saja menyajikan koleksi sound piano atau instrument makustik saja yang dapat di-layer (gabung) maupun di-split. Namun Hex Layer keluaran Casio mampu menambah fungsi stage piano dan keyboard aranjer menjadi lebih maksimal. Dengan kata lain, kedua jenis keyboard ini juga berfungsi sebagai synthesizer.

SYNTHESIZER

Hex Layer menyiapkan ratusan sound PCM – sebagai tone dasar – pada setiap layer. Sound synth modern dapat dibangun dari penggabungan 6 layer yang ada. Contoh, Layer 1 (sound pad), Layer 2 (sound Piano), Layer 3 (sound string), dan seterusnya digabung menjadi sebuah sound yang unik dan kaya. Koleksi tone (sound PCM) dari Hex Layer yang dikenalkan Casio, di dalamnya merupakan koleksi sound piano akustik, piano elektrik, gitar session, alat tiup, drum, perkusi, synthesizer, dan sebagainya.

Layaknya synthesizer profesional lainnya, seluruh tone dapat diolah dengan parameter synthesizer. Hex layer menyiapkan jenis filter (High Pass Filter, Low Pass Filter 1, Low Pass Filter 2, Band Pass Filter, dan Notch Filter). Parameter filter ini dapat mengubah timbre untuk membentuk sound dasar sesuai keinginan. Hex Layer juga menyertakan envelope amplifier dan filter. Bahkan, menyertakan gambar grafik envelope amplifier dan filter yang kompleks.

Anda dapat mengatur konfigurasi sound yang detail sama seperti yang kita temukan pada synthesizer profesional. Selain itu, kita dapat mengatur mute atau play (unmute) dari setiap layer sesuai kebutuhan. Tak lupa pengaturan split yang memungkinkan kita mengatur zona sound yang dialamatkan pada area tuts sesuai keinginan dan keperluan perform. Fasilitas Hex Layer membuat fungsi keyboard pada Casio PX series dan MZ X series menjadi sangat fleksibel. Anda diberikan pilihan menggunakan sound internal yang ada dalam preset memory atau rancangan sound buatan sendiri dari fitur Hex Layer. Casio dapat membedakan produk keyboardnya dengan brand lain di kelasnya.

 

 

Related Posts